Langit AS Dihiasi Fenomena Langka Pelangi Api

Langit AS Dihiasi Fenomena Langka Pelangi Api

'Pelangi Api' sebuah fenomena alam langka

Carolina - Sebuah fenomena alam langka yang disebut fire rainbow atau pelangi api secara tiba-tiba muncul di langit Isle of Palms, South Carolina, Amerika Serikat (AS). Kemunculan pelangi api itu praktis mengagetkan warga sekitar untuk mengabadikannya dengan kamera smartphone.
 
Fenomena alam pelangi api tersebut terlihat dalam waktu kurang lebih hingga satu jam. Warnanya hampir sama dengan pelangi pada umumnya. Yang membuatnya unik, bentuknya yang meliuk-liuk layaknya burung pheonix di angkasa.  “Saya tidak tahu itu apa, tapi saya tahu itu adalah kali pertama saya melihatnya. Jadi saya memotretnya,” kata seorang warga North Carolina, Caroline Rich Williams.  
 
Dikabarkan, pelangi api hanya muncul saat ada sekumpulan awan cirrus dengan level tinggi hingga menembus kristal es. Ahli meteorologi, Justin Lock menjelaskan, sinar matahari ikut berperan dalam membentuk warna pelangi api.  “Untuk menghasilkan warna pelangi, sinar matahari harus menembus ke kristal es dengan sudut tertentu, untuk menghasilkan efek prisma spektrum warna,” kata Lock.   
 
Sebelumnya, warga Douglas di Arizona pun telah dimanjakan dengan fenomena langka itu. Ya, ketika kristal es membagi sinar matahari menjadi warna yang berbeda, mereka membuat langit mempunyai warna menyala. Brandon Rios bersama ayahnya yang menangkap gambar menakjubkan itu mengatakan, dia ‘benar-benar terkejut’ oleh fenomena alam tersebut.  
 
Ketika dia kembali ke tempat kerja untuk mengambil sesuatu yang tertinggal, kemudian kami disambut oleh pemandangan yang sangat indah.  “Saya benar-benar heran melihat pelangi bercampur dengan awan. Saya tidak berpikir,  sesuatu seperti ini ada dalam kenyataan.”  
 
Dikatakan, awan seperti ini terlihat beberapa kali dalam setahun di wilayah Amerika Serikat, meski awan itu jarang muncul di tempat lain di dunia.  Pelangi api yang dikenal dengan istilah ilmiah busur circumhorizon, yang  sebenarnya bukan pelangi sesungguhnya. Namun efek halo, meski mereka menyebutnya pelangi api.  (Jr.)**
.

Categories:Unik,
Tags:,