53.299 Peserta Jamkesda KBB Beralih ke BPJS

53.299 Peserta Jamkesda KBB Beralih ke BPJS

Bandung - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengalihkan 53.299 peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai upaya memberikan jaminan pelayanan lebih baik kepada masyarakat kurang mampu.

Pengalihan layanan jaminan kesehatan itu ditetapkan melalui penandatanganan perjanjian kerjasama antara-Pemerintah KBB dan BPJS Kesehatan Regional V Jawa Barat terhitung mulai 1 September 2015 di Padalarang, Jumat (28/8/2015).

Bupati Bandung Barat Abubakar menyatakan, perjanjian kerja sama tersebut merupakan janji pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Saya punya janji ke masyarakat KBB untuk memberikan layanan kesehatan yang baik agar masyarakat KBB terjamin kesehatannya," katanya.

Ia menuturkan, peserta Jamkesda maupun masyarakat yang mendapatkan fasilitas kesehatan dengan nama Kartu Cermat di Bandung Barat sudah otomatis beralih seluruhnya ke BPJS Kesehatan mulai 1 September.

Seluruh kartu peserta Jamkesda itu, kata dia, akan diganti dengan kartu BPJS Kesehatan berikut terdapat ciri dan tulisan Kartu Cermat yang menjadi bagian visi dari KBB.

"Kartu Cermat diganti menjadi Kartu BPJS Kesehatan, namun tulisan cermat tetap ada, jadi di kanan ada tulisan BPJS, di kiri atasnya tertera nama Cermat," katanya.

Ia berharap kerja sama dengan BPJS Kesehatan tersebut maka pelayanan kesehatan bagi masyarakat semakin baik dan meningkatkan derajat kesehatan warga KBB.

"Kami ingin terus meningkatkan derajat kesehatan warga KBB," katanya.

Selain itu, Abubakar menegaskan agar layanan BPJS Kesehatan tidak membuat sulit apalagi ditolak bagi warga KBB ketika hendak berobat maupun mendapatkan pelayanan kesehatan rawat inap.

"BPJS saya minta tidak mempersulit, bila alasan penolakan itu hanya disebabkan karena persoalan administrasi," katanya.

Kepala Divisi Regional V BPJS Kesehatan Jawa Barat Jenni Wihartini mengatakan, siap mengintegrasikan 53.299 peserta Jamkesda KBB menjadi BPJS Kesehatan mulai 1 September 2015.

"Nanti kartunya akan didistribusikan melalui Dinas Kesehatan, Insya Allah per tanggal 1 September sudah aktif dan bisa digunakan," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,