Ridwan Kamil Usul Kongres Pemuda Sunda

Ridwan Kamil Usul Kongres Pemuda Sunda

Pangandaran  - Walikota Bandung M Ridwan Kamil mengusulkan diadakan Kongres Pemuda Sunda di Indonesia jika nanti dirinya bergabung dengan kepengurusan Paguyuban Pasundan masa bakti 2015-2020.


"Itu nanti tawaran program kerja saja, kalau sudah dirumuskan biar Paguyuban Pasundan yang punya kapasitas saya yang melaksanakan," kata Ridwan Kamil, saat menghadiri Kongres Ke-42 Paguyuban Pasundan, di Kabupaten Pangandaran, Sabtu (29/8/2015).

Ia mengatakan, kongres tersebut konsepnya hampir sama dengan Sumpah Pemuda yakni menjadi wadah para pemuda dalam mencurahkan ide dan gagasannya untuk kemajuan bangsa.

Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Emil ini, menawarkan diri menjadi Ketua Bidang Kepemudaan Paguyuban Pasundan yang kembali dipimpin oleh Prof Didi Turmudzi.

"Saya kan banyak jaringan anak muda, dan itu tdk hanya kesundaan, dan saya banyak berkomunikasi dan aspirasi yg masuk, sangat disayangkan kalo generasi muda kita ini tdk memiliki arah yang positif," kata dia.

"Mumpung saya punya kapasitas hari ini seperti itu. Saya ingin menggiring, khususnya pemuda sunda yang selama ini kehilangan arah bisa mencari bentuk pengabdian kepada budayanya secara kongkrit. Saya ada gagasan dan saya tawarkan ke Paguyuban Pasundan," tambah Emil.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi menyambut baik ide yang diutarakan oleh Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil tentang Kongres Pemuda Sunda.

"Tapi sebetulnya dulu saat tahun 1955 itu pernah diadakan kongres pemuda oleh PP (Paguyuban Pasundan) yang dipimpin oleh Didi Kartasasmitha," ujar Didi. (Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,