14 WNI Tewas, Perahu Migran Ilegal Tenggelam

14 WNI Tewas, Perahu Migran Ilegal Tenggelam

Selangor - Sedikitnya 14 warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan tewas, menyusul perahu kayu yang membawa puluhan WNI imigran ilegal dari Malaysia, terbalik dan tenggelam di kawasan negara bagian Selangor. 
 
Dilaporkan kantor berita Reuters, Kamis (3/9/2015) melansir keterangan dari Laksamana Pertama Badan Penegakkan Hukum Maritim Malaysia, Muhammad Aliyas Hamdan, dari pembicaraan awal dengan korban selamat, membuat dia yakin bahwa penumpang perahu berasal dari Indonesia. Perahu kayu itu membawa WNI dari Negeri Jiran menuju ke Pulau Sumatera.
 
"Apabila mereka imigran legal, mereka tidak akan pergi (meninggalkan negara ini) dengan cara seperti itu," kata Muhammad. Dia menyebut, perahu tenggelam karena kelebihan muatan dan cuaca buruk. Sementara, harian The Guardian menyebut, perahu itu membawa sekitar 70 WNI. 
 
Sementara tim penyelamat mengetahui kejadian itu, karena adanya panggilan darurat dari para nelayan. Ada sekitar 2 juta WNI di Malaysia, yang sebagian besar merupakan warga pendatang ilegal. Banyak dari mereka datang ke Negeri Jiran dengan membayar para penyelundup manusia. 
 
Kini, kawasan Asia Tenggara tengah menderita krisis penyelundupan manusia. Sebelumnya, ribuan pengungsi dari Myanmar dan Bangladesh, mencoba untuk menyeberang menuju ke Malaysia dan Thailand dengan perahu. Namun, banyak di antara mereka yang terombang-ambing di lautan dan meninggal. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,