Hutan Gunung Guntur Segera Direstorasi

Hutan Gunung Guntur Segera Direstorasi

Bandung - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Garut segera merestorasi kawasan hutan Gunung Guntur, Kabupaten Garut,  yang terbakar pada musim kemarau ini.

"Restorasi akan mulai dilakukan saat hujan sudah mulai turun di Garut," kata Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah V Garut Toni Ramdani melalui telepon seluler, Jumat (4/9/2015).

Ia menuturkan, upaya pemulihan kembali tanaman yang terbakar dapat efektif dilakukan saat musim hujan.

Pihaknya akan merestorasi hutan Gunung Guntur tahun 2015 seluas 50 hektare dengan menanam tanaman endemik sekitar Gunung Guntur, seperti pohon Raksamala.

"Kita juga harus menganalisis demi keamanan kawasan yang direstorasi agar tidak terbakar biar tidak buang-buang anggaran," katanya.

Toni mengungkapkan, lahan hutan ilalang yang terbakar di Gunung Guntur tercatat seluas 60 hektare dengan jumlah kejadian sebanyak tiga kali selama musim kemarau.

Kebakaran hutan itu, lanjut dia, terjadi di dua blok Gunung Guntur, yakni blok Citiis dan Pasir Bajing, Kecamatan Tarogong Kaler.

"Sudah ada tiga kali kejadian kebakaran di dua blok sejak Lebaran kemarin, luasnya mencapai 60 hektare," katanya.

Terkait penyebab kebakaran hutan, Roni menyatakan, belum dapat memastikan karena masih dalam penyelidikan.

"Penyebab kebakarannya kita masih melakukan penyelidikan, apakah bekas puntung rokok atau gesekan pohon, kita belum tahu," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,