18 Kab/Kota di Jabar Kesulitan Air Bersih

18 Kab/Kota di Jabar Kesulitan Air Bersih

Bandung - Sebanyak 18 dari 27 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Barat mengajukan pengadaan air bersih pada musim kemarau 2015, ungkap kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jawa Barat Budiman SKM.

"Sampai saat ini kami terus membantu penyaluran air bersih untuk kebutuhan warga yang terkena dampak kekeringan karena musim kemarau. Dan catatan terbaru kami, ada 18 kabupaten/kota yang mengajukan air bersih," kata Budiman, di Bandung, Senin (7/9/2015).

Ia mengatakan untuk penyaluran air tersebut pihaknya bekerjasama dengan PDAM dan OPD terkait di masing-masing daerah.

"Jadi air yang kami saluran tersebut tidak diperuntukkan untuk lahan pertanian. Air itu hanya diberikan untuk memenuhi kebutuhan warga seperti untuk minum dan mencuci," kata dia.

Menurut dia, untuk air bagi lahan pertanian, itu jadi tanggung jawab Dinas Pertanian di masing-masing daerah.

"Sehingga tidak ada tumpang tindih tugas pokok dan fungsi antara BPBD dan Dinas Pertanian," kata dia.

Ia menuturkan air yang disalurkan bagi masyarakat jumlahnya bervariasi namun secara umum, rata-rata jumlah yang disalurkan ke masing-masing desa sekira 10 ribu liter per hari.

"Satu desa itu mungkin dua tangki. Masing-masing tangki kapasitas sekitar 10 ribu liter. Tapi itu untuk kebutuhan masyarakat saja, bukan untuk mengairi sawah yang kekeringan," kata Budiman. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,