Papandayan Masih Sisakan Bara Api

Papandayan Masih Sisakan Bara Api

Bandung - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan, kebakaran hutan di Gunung Papandayan masih menyisakan bara api di beberapa titik.

"Apinya sudah sudah padam, meskipun masih terlihat ada bara tapi tidak menyala api," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut TB Agus Sofyan melalui telepon seluler, Rabu (9/9/2015)

Ia menuturkan, petugas gabungan dari BPBD, BKSDA dan sukarelawan berhasil memadamkan kobaran api dengan cara manual menggunakan peralatan sederhana.

Meskipun sudah dinyatakan padam, kata Agus, tim gabungan tetap bersiaga mengantisipasi kebakaran di sekitar kawasan hutan yang terbakar.

"Walau pun sudah padam, petugas tetap siaga, karena khawatir akan terjadi kembali kebakaran," katanya.

Ia menyampaikan, luas lahan hutan yang terbakar belum dapat terhitung secara akurat, namun diperkirakan mencapai lebih dari 100 hektare.

"Luas hutan yang terbakar kita belum bisa pastikan ya, mungkin lebih dari 100 hektare," katanya.

Akibat kebakaran itu, kawasan wisata alam Gunung Papandayan ditutup bagi masyarakat umum untuk berkemah maupun pendakian.

"Gunung Papandayan sudah dinyatakan ditutup untuk umum, dan belum dipastikan sampai kapan," katanya.

Peristiwa kebakaran hutan diketahui, Minggu (6/9) yang awalnya membakar kawasan blok Tegal Alun dan Pondok Saladah.

Selanjutnya dilaporkan kebakaran itu meluas ke blok hutan lain seperti Tumaritis, Cileuleuy, Puncak Cisaroni, Masigit, Samudra, Arjuna, hingga Blok Pasirmalang.

Petugas terkait belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut, tetapi dugaan sementara karena perbuatan manusia yang membuang puntung dan meninggalkan bekas perapian setelah berkemah. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,