Menpan RB Buat "Rule Model" 56 Kota

Menpan RB Buat

Bandung - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) saat ini sedang membuat "rule model" 56 kota sebagai percontohan kota dengan aparatur birokrasi terbaik di Indonesia.

"Kita sedang membuat rule model pada 56 kota se-Indonesia, itu ibu kota provinsi dan kota-kota yang tingkat pertumbuhan ekonominya relatif tinggi dan juga memiliki fasilitas pelayanan publik yang terkait langsung dengan ekonomi contohnya ada bandara, ada pelabuhannya," kata Menpan RB Yuddy Chrisnadi di Bandung, Jumat (11/9/2015).

Ia mengatakan, dengan dibuatkan "rule model" tersebut maka diharapkan dalam jangka lima tahun ke depan Indonesia menjadi negara dengan tata kelola pemerintahan berkelas dunia.

"Tentunya diharapkan ke depannya di Indonesia, birokrasinya tidak berbelit-belit, mudah melayani dan disiplin tinggi," kata dia.

Menurut dia, ke-56 kota tersebut akan diberikan pembinaan dan bimbingan agar bisa menghasilan pelayanan publik yang prima.

"Indikatornya tiga dispilin dan profesionalisme apraturnya, pelayanan publik yang baik, dan ketiga indeks persepsi korupsi rendah," kata dia.

Sementara itu, lanjut Menpan RB, saat ini salah satu kota yang nilai akuntabilitas kinerja Pemerintah Kota Bandung akan meningkat dari "C" menjadi "A" ialah Kota Bandung.

Menurut dia, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir di bawah kepemimpinan Wali Kota M Ridwan Kamil nilai akuntabilitas kota tersebut akan mengalami peningkatan.

"Saya dapat laporan dari Deputi Pengawasan Reformasi Birokrasi, tahun yang lalu nilai akun Kota Bandung itu C, bisa diperkirakan akhir tahun ini dia bisa meloncat ke A," kata dia.

Ia mengatakan, penilaian akuntabilitas kinerja Pemkot Bandung tersebut meliputi tingkat disiplin yang meningkat, indeks persepsi korupsi yang semakin kecil dan kepuasan publik tinggi atau pelayanan masyarakat semakin baik.

"Pak Ridwan Kamil bisa dibicarakan sebagai penggerak utama dari keberhasikan tata kelola perkotaan itu apa, yaitu kepemimpinannya. Jadi kalau kepemimpinannya mau berubah, pemimpinnya mau belajar dan mampu memberikan teladan seperti Pak Presiden Jokowi. Dia akan lebih cepat menanggap pesan dan keinginan masyarakat," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait