Temu Sastra Indonesia-Malaysia Digelar di Bandung

Temu Sastra Indonesia-Malaysia Digelar di Bandung

Rapat persiapan panitia Temu Sastra Indonesia-Malaysia (TSIM) di salah satu rumah makan di Bandung, Jawa Barat. (Foto: Panitia TSIM)

Bandung – Bandung akan menjadi tuan rumah rangkaian acara Temu Sastra Indonesia-Malaysia (TSIM) ke-3 yang akan digelar pada hari Jumat sampai Minggu (18-20 September) mendatang. Bertempat di Amphitheatre NuArt Sculpture Park, Jalan Setra Duta Raya L6 Sarijadi, Bandung, acara ini rencananya akan dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Dalam pernyataan tertulisnya, Ketuaanitia TSIM, Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt., Msi., CA., mengatakan bahwa Wagub Jabar Deddy Mizwar akan menyampaikan pidato kebudayaan dan membuka acara TSIM di Bandung.

Dalam kesempatan ini, Presiden Numera Malaysia SN. Dato Dr. H. Ahmad Khamal Abdullah juga akan menyampaikan sambutan, dan di saat yang sama, buku antologi puisi "Syair Persahabatan Dua Negara" karya 100 penyair Indonesia-Malaysia diluncurkan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi Indonesia-Malaysia oleh para penyair.

Acara TSIM ini bertujuan untuk membangun sastra dua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia, melalui apresiasi sastra, membangun tamaddun Melayu, dan memperluas jaringan sastra internasional di masa yang akan datang dengan mengunggulkan tamaddun Melayu.

Peserta TSIM terdiri dari sastrawan, ahli sastra, dosen, pengajar, pengamat, mahasiswa dan peneliti masalah bahasa dan sastra yang berasal dari Indonesia, Malaysia, dan negara serumpun lainnya. Namun menurut Sastri Bakry, acara ini juga diikuti oleh para peserta dari Thailand, Singapura, dan Jepang.

“Rangkaian TSIM lainnya adalah Seminar Internasional Sastra dan Bahasa Indonesia-Malaysia dalam Perspektif Sejarah dan Masa Depan, Studi Banding ke Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, dan Wisata Budaya ke objek-objek wisata di Bandung,” ungkapnya.

TSIM dihelat atas kerjasama panitia penyelenggara dengan Universitas Padjadjaran, Numera Malaysia, NuArt Sculpture Park, dan didukung oleh anggota DPD RI, Hj. Emma Yohanna. Sebelumnya, TSIM ke-1 pada tahun 2012 diadakan di Padang dan TSIM ke-2 pada tahun 2014 digelar di Jakarta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai TSIM dapat menghubungi Ketua Panitia Lokal Dr. Enung Nurhayati Elangmunsyi di Sekretariat Panitia, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Jalan Cikni Raya No. 75, Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat.(Ode)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,