15 Penyelundup Sabu dalam 3 Kontainer Diringkus

15 Penyelundup Sabu dalam 3 Kontainer Diringkus

Sabu-sabu (ilustrasi) /net

Jakarta -  Sedikitnya 15 orang penyelundup sabu dengan berat 57,701 kilogram berhasil diringkus. Empat orang dari 15 tersangka tersebut, adalah Warga Negara Asing (WNA).
 
"Kami telah berkoordinasi, tidak hanya penyelidikan di pelabuhan, kita lakukan pengembangan kasus hingga pelosok Indonesia. 15 tersangka kita amankan, terdiri atas 11 WNI dan 4 WNA," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai Heru Pambudi di Jakarta, Senin (14/9/2015).

TMengenai tngkapan itu sebagai hasil kerja sama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Bandar Lampung, serta Badan Narkotika Nasional (BNN). Belasan tersangka menyelundupkan barang terlarang ini di dalam mesin impor bersertifikat. 
 
Menurut Heru, tersangka memanfaatkan perpindahan barang impor untuk mengelabui petugas di pelabuhan. "Di dalam mesin yang berdokumen dimasukkan setengah kilogram. Mereka mendompleng dengan sabu yang memanfaatkan barang yang ada," katanya.

Para tersangka dijerat sesuai Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya maksimal hukuman mati. "Kejahatan yang mereka lakukan adalah kejahatan luar biasa, terutama pada generasi muda," tegasnya.

Disebutkan, keberhasilan mengungkap penyelundupan narkotika dengan modus barang haram yang diselipkan pada kontainer barang impor itu, salah satu bentuk output kerja sama yang baik antara Direktorat Jendral Bea dan Cukai dengan BNN. Pengungkapan kasus itu  harus terus dijadikan motivasi untuk semakin berusaha dan bekerja keras untuk memberikan hasil yang lebih baik. 

Heru menambahkan, sebagai tindak lanjut kasus itu telah dilakukan penyerahan perkara dengan barang bukti kepada BNN, kemudian dilakukan pengiriman terkontrol (controlled delivery) untuk penangkapan para pelaku. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,