Mitra Kukar Kandaskan PSM Makassar 1-0

Mitra Kukar Kandaskan PSM Makassar 1-0

Samarinda - Tuan rumah Mitra Kukar berhasil meraih poin sempurna pada babak delapan besar Piala Presiden 2015 dengan menundukkan PSM Makassar 1-0 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kukar, Sabtu (19/9/2015).

Gol semata wayang tuan rumah dicetak oleh Raul Carlos Sciucatti melalui sundulan kepala, memanfaatkan umpan sepak pojok Hendra Adi Bayauw pada menit 9'.

Tandukan keras pemain berpaspor Argentina tersebut gagal diselamatkan oleh penjaga gawang PSM Dimas Galih, karena bola mengarah deras di pojok kiri gawang.

Tampil dihadapan pendukungnya, tim tuan rumah penuh percaya dini, sejak menit pertama bergulir anak asuh Jafri Sastra cukup mendominasi alur serangan, sayangnya bola yang mengalir cukup rapi dari sektor lini tengah, selalu kandas begitu memasuki wilayah pertahanan PSM Makassar.

Kapten tim Mitra Kukar Zulkifli Syukur terpaksa harus digantikan oleh Mahdi Fahri Akbar pada menit ke-3, karena mengalami cidera ketika menghalau pergerakan pemain sayap PSM M Rahmad.

Tim tamu PSM sebenarnya membuka peluang gol duluan, melalui Samsul Chaerudin pada menit ke-4, sayangnya tendangan Samsul yang sudah berdiri bebas berhadapan dengan penjaga gawang Mitra Kukar, Rivky Mukodompit masih melambung di atas mistar gawang.

Justru lima menit kemudian, melalui serangan balik cepat tim Mitra mampu merubah keadaan, dengan gol yang dicetak oleh Raul Carlos melalui sundulan kepala.

Pemain asal Argentina tersebut berhasil lepas dari pengawalan ketat barisan belakang tim Juku Eja, dengan menjatuhkan badan untuk menyarangkan bola melalui sundulan kepala, dan merubah keunggulan 1-0 untuk tim Mitra hingga turun minum.

Kalah dalam penguasaan bola di babak pertama, membuat pelatih PSM Assegaf Rased merubah taktik dengan memasukkan pemain baru menjelang babak kedua, yakni Rasyid Bakrie dan Muklis Hadi.

Perubahan strategi tim PSM tersebut, sedikit merubah keleluasan bagi Ferdinan Sinaga yang awalnya dipasang sebagai penyerang tunggal, kemudian berperan pada posisi aslinya sebagai pemain sayap.

Kerja sama Ferdinan-Muklis hadi sempat merepotkan lini pertahanan tim Mitra Kukar, dan menciptakan beberapa peluang gol.

Ferdinan sempat memiliki peluang untuk menyamakan skor, ketika berhasil melakukan penetrasi menembus jantung pertahanan Mitra Kukar, sayangnya tendangan Ferdinan pada menit 57, masih melenceng di luar gawang Mitra Kukar.

Muklis hadi pemain jebolan Timnas-U 19 juga membuka peluang di menit ke-60, sayangnya upaya Muklis masih bisa di halau oleh Pemain belakang Mitra Kukar, Saifullah.

Disiplinnya barisan belakang Mitra Kukar seperti OK Jhon, membuat barisan depan PSM sedikit frustasi, berulang kali pemain asal Kamerun tersebut mampu menahan alur serangan PSM saat memasuki wilayah pertahanan. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,