UNHCR Pulangkan 4.106 Pengungsi Somalia

UNHCR Pulangkan 4.106 Pengungsi Somalia

Nairobi - Komisariat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa Pengungsi (UNHCR) menyatakan sejauh ini badan pengungsi PBB tersebut telah memulangkan 4.108 pengungsi Somalia dari Kamp Pengungsi Dadaab di bagian timur-laut Kenya ke Somalia sejak Desember tahun lalu.

UNHCR mengatakan dalam Laporan Dwi-Mingguannya yang diterima di Nairobi pada Sabtu (19/9) bahwa 250 orang kembali negara Tanduk Afrika tersebut melalui darat, sedangkan 224 pengungsi dibantu untuk pulang ke Mogadishu naik pesawat selama setengah bulan pertama September.

"Seluruh jumlah pengungsi yang dipulangkan dan dibantu berdasarkan proses pemulangan relawan berjumlah 4.108 sampai 15 September (3.510 melalui darat dan 598 naik pesawat)," kata badan pengungsi PBB tersebut di dalam laporan terkininya, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Minggu siang (20/9/2015).

Sebanyak 4.878 pengungsi, katanya, telah memastikan keinginan mereka untuk pulang ke Somalia hingga 15 September. Ditambahkannya, UNCHR telah meningkatkan pengidentifikasian dan penilaian orang dengan kebutuhan khusus berdasarkan proses pemulangan sukarela.

"Kebutuhan dan perincian mereka akan diberikan juga kepada UNHCR Somalia untuk ditindaklanjuti lebih lanjut setelah mereka tiba di Somalia," kata badan PBB tersebut.

UNCHR juga menyatakan sementara musim hujan diperkirakan tiba pada Oktober dan November, jumlah pesawat yang membawa pengungsi yang dipulangkan ke Mogadishu akan ditambah jadi enam penerbangan per pekan.

"Ini akan memungkinkan pemulangan lebih banyak pengungsi ke Mogadishu dan sekitarnya untuk sampai ke tujuan mereka dengan selamat sebelum musim hujan tiba," kata UNHCR.

Tahap baru pemulangan itu adalah hasil dari upaya oleh Komisi Tiga-Pihak, yang dibentuk oleh UNHCR dan Pemerintah Kenya serta Somalia, untuk meningkatkan upaya bagi pemulangan sukarela pengungsi Somalia.

Meskipun kondisi lingkungan keamanan di Somalia masih rapuh, para pengungsi telah mulai pulang, kata UNHCR --yang menyatakan masih banyak pengungsi telah pulang secara spontan tanpa menerima bantuan dari UNHCR.

Berdasarkan kesepakatan saat ini, bantuan akan diberikan kepada pengungsi ke daerah mana pun di Somaliland, Puntland dan Somalia Tengah-Selatan.

Dadaab telah menyediakan perlindungan, tempat penampungan dan bantuan kemanusiaan buat pengungsi Somalia selama dua dasawarsa seringkali dalam kondisi sulit dan rumit. Jumlah penghuni yang berlebihan, risiko penyakit dan banjir musiman termasuk di antara tantangan yang dihadapi pengungsi. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,