Jabar-Australia Jajaki Kerja Sama Enam Bidang

Jabar-Australia Jajaki Kerja Sama Enam Bidang

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Adelaide, Australia akan menjajaki kerja sama pada enam bidang yakni pertanian, kesehatan, pendidikan, pariwisata, promosi, dan perdagangan.

"Sebenarnya MoU (nota kesepahaman) antara Jabar dan Kota Adelaide ini sudah sejak tahun 1997. Namun karena berbagai hambatan seperti krisis moneter, reformasi dan lain-lain akhirnya tertunda. Dan Alhamdulillah sekarang bisa direalisasikan," kata Plh Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar saat dihubungi di Bandung, Rabu (23/9/2015).

Ia menuturkan kerja sama antara Jawa Barat dan Adelaide tersebut tertuang dalam nota kesepahaman atau "memorandum of understanding" (MoU) Provinsi Negara Bagian Bersaudara antara Provinsi Jawa Barat dan Negara Bagian Australia Selatan.

"Jadi itu MoU antara kita dengan Adelaide, MoU 'sister province'. Itu akan segera ditandatangani ketika tiba di sana," kata dia.

Sebagai bentuk keseriusan dari MoU tersebut, Selasa (22/9) sore, Deddy Mizwar bertolak ke Australia untuk memimpin delegasi Provinsi Jawa Barat melaksanakan kunjungan kerja ke Adelaide.

Ia mencontohkan, salah satu kerja sama yakni di bidang pendidikan antara Jawa Barat-Adelaide tersebut adalah dengan adanya "sister school", beasiswa, pertukaran pelajar dan guru serta pelatihan.

"Selain itu, Jawa Barat juga diundang oleh Adelaide untuk mengisi festival kebudayaan di sana. Ini sebuah kehormatan tersendiri bagi kami karena telah dipercaya untuk mengisi acara festival kebudayaan di sana," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,