TKP Musibah Mina Sudah Dilintasi Kembali

TKP Musibah Mina Sudah Dilintasi Kembali

Mekah - Tempat kejadian perkara (TKP) musibah jamaah terinjak-injak di Jalan Arab 204 telah kembali dibuka dan dilintasi jamaah yang akan melontar jamrah ke Jamarat dari arah Mina Jadid, Jumat pagi (25/9/2015).

Pantauan tim Media Center Haji (MCH), Jumat dini hari sekitar pukul 03.00 Waktu Arab Saudi (WAS) jalan dengan lebar sekitar 12 meter tersebut antara lain sudah dilintasi oleh jamaah yang berasal dari India, Turki, dan Afrika yang bersiap melakukan lontar jamrah ula, wustha, dan aqabah.

Kendati telah dibuka kembali, tim keamanan dari pemerintah Arab Saudi nampak berjaga-jaga untuk mengantisipasi jamaah yang kembali membludak melewati jalan tersebut.

Jalan tersebut nampak sudah bersih dan tidak terlihat bekas musibah yang membuat ratusan jamaah meninggal dari berbagai negara, tiga diantaranya dari Indonesia, dan ratusan orang lagi terluka.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memperkirakan jamaah Indonesia yang berada di lokasi tersebut dan menjadi korban dalam peristiwa Mina itu terjebak mengikuti arus jamaah yang begitu besar menuju satu titik yang sama yaitu Jamarat.

"Jemaah yang ada di lokasi dan menjadi korban (musibah Mina) harus dicermati lagi, apa sebabnya. Kemungkinan mereka terbawa arus yang begitu kuat dan banyak ke sebuah titik yg ingin dituju, karena tidak tahu," kata Lukman. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:,