Sumut Juara Umum Cabor Wushu Kualifikasi PON

Sumut Juara Umum Cabor Wushu Kualifikasi PON

Bandung - Sumatera Utara menjadi juara umum babak kualifikasi PON XIX/2016 cabang wushu yang digelar di GOR C-Tra Arena Cikutra Kota Bandung, 22-26 September 2015. Provinsi yang dimotori atlet nasional Lindswell itu menyabet delapan medali emas, enam perak dan enam perunggu.

"Hasil Pra Kualifikasi PON ini sesuai dengan harapan, fokus kami mempertahankan trend positif pada pertandingan PON yang sebenarnya tahun depan," kata pelatih wushu Sumut Sandri Liong di Bandung, Sabtu (26/9/2015).

Sementara tuan rumah Jabar yang dipastikan lolos ke PON dan turut dalam babak kualifikasi ini hanya puas berada di urutan kelima klasemen akhir keseluruhan dengan satu emas dan tiga perunggu.

Kategori Taolu cabang olahraga Wushu menjadi milik Sumatera Utara. Sumut mengoleksi lima emas, lima perak dan dua perunggu di kategori yang menampilkan seni keindahan gerak wushu ini. Sedangkan di posisi kedua DKI Jakarta dengan empat emas tiga perak dan tiga perunggu dan posisi ketiga Jawa Timur dengan tiga emas dua perak satu perunggu.

Pelatih Sumut Sandry Liong mengakui penampilan anak-anak didiknya dalam babak kualifikasi sudah cukup baik. "Hasil ini sudah cukup baik untuk Sumut. Untuk yang meraih medali emas kita memang sudah prediksi, karena mereka pun sudah senior dan sering ikut berbagai ajang internasional," katanya.

Sumut memastikan memimpin perolehan medali taolu setelah emas kelima diraih di nomor Duillian putra atas nama Charles Sutanto/Erick Losardi/Jodis dengan skor terbaik yakni 9,38. Jauh memimpin pesaing lainnya yakni Harris Horatius/Aldy Lukman asal Sumut (8,97) dan Achmad Hulaefi/David Hendrawan/M. Abdul Harist asal DKI (8.94).

Sedang empat emas lainnya diperoleh Sumut dari nomor Taijiquan + Taijijian putra dan putri atas nama Fredy dan Lindswell. Serta Nanquan + Nangun putra oleh Eric Losardi dan Nanquan + Nandao putri oleh Juwita Niza Wasni.

Hasil ini diungkapkan Sandry merupakan hasil dari persiapan yang berkelanjutan semenjak SEA Games usai dilangsungkan hingga jelang pra PON. "Memang persiapan pra PON ini kita tidak pernah putus dari SEA Games tetap latihan dan kita latihan pun programnya seperti di Tiongkok secara khusus," katanya.

Tak hanya itu nomor Sanda juga menjadi milik Sumut dengan tiga emas satu perak dan empat perunggu. Bersaing ketat dengan DKI dengan tiga emas dan satu perunggu. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:,