Tayangan Televisi Beraroma Teater Menyesatkan Penonton

Tayangan Televisi Beraroma Teater Menyesatkan Penonton

Aktor Saifin Nuha atau yang populer dengan nama Alex Komang

Jakarta  - Aktor Saifin Nuha atau yang populer dengan nama Alex Komang mengatakan, tayangan-tayangan televisi yang tak "beraroma" teater menyesatkan penonton.

"Kita banyak disesatkan program-program televisi hari ini karena tak ada aroma teaternya," kata Alex di Jakarta, Senin (3/11/2014).

Ia mengatakan prosedur produksi sinetron dan film sebenarnya sama dengan persiapan pertunjukan teater namun sayangnya proses tersebut tidak sepenuhnya dijalankan dalam pembuatan tayangan televisi sehingga akhirnya kualitas tayangan televisi jadi kurang bagus.

"Kalau itu dilakukan dengan prosedur yang sama maka sinetron akan punya kualitas produk yang sama dengan teater, toh proses kreatifnya sama kok," kata pria peraih penghargaan aktor terbaik Festival Film Indonesia 1987 itu.

Alex juga mengatakan bahwa seharusnya teater mulai dikenalkan ke siswa sekolah, kalau perlu sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Teater itu tak semata-mata soal panggung. Teater perlu dijelaskan pada masyarakat, kalau perlu dari SMP. Ya nantinya dia tidak harus jadi aktor atau apa, tapi setidaknya kuta membangun tradisi itu," kata aktor yang pernah berperan dalam pementasan "Opera Primadona" bersama Teater Koma itu.

Ia lantas mencontohkan bahwa di Korea Selatan teater sudah diajarkan sejak kecil dan seni pertunjukan itu menjadi bagian tidak bisa dipisahkan dari kehidupan warganya.(Ode)**

 

.

Categories:Hiburan,
Tags:film,