15 Hektar Hutan Gunung Geulis Sumedang Terbakar

15 Hektar Hutan Gunung Geulis Sumedang Terbakar

Gunung Geulis di Sumedang terbakar

Sumedang - Kawasan hutan Gunung Geulis khususnya di Desa Jatimukti, Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat terbakar, Selasa (6/10/2015). Kebakaran pertama kali diketahui oleh petani setempat, dan kobaran api terus meluas hingga mencapai 15 hektar.
 
"Kami mendapati laporan dari warga ada kebakaran di hutan Gunung Geulis. Setelah dicek ke lokasi ternyata memang benar terjadi kebakaran dan terus meluas," kata Komandan Rayon Militer (Danramil) Jatinangor, Kapten Inf Cumitra.

Beberapa anggota TNI dan masyarakat setempat terus berusaha untuk mencegah meluasnya kobaran api. Kebakaran yang berawal sekitar pukul 13.30 WIB itu mampu dipadamkan dengan cepat. "Saat ini saja sudah mencapai 15 hektar, saya khawatir api terus merembet dan meluas," katanya.
 
Berdasarkan informasi di lapangan, lahan seluas 15 hektar yang terbakar tersebut merupakan kawasan kebun, rumput liar, dan sejumlah pohon yang kering karena kemarau. "Dari pengamatan anggota, lahan yang terbakar sekitar 15 hektar," kata Cumitra yang ikut memadamkan api di gunung tersebut.

Menurutnya,  pihaknya telah menerjunkan puluhan prajurit Koramil dibantu oleh masyarakat dan kelompok tani hutan, untuk memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. Namun mereka kesulitan untuk memadamkan kobaran api, karena jaraknya yang jauh dan sulit ditempuh oleh mobil pemadam kebakaran. (Jr)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,