Jujur, Publik Lebih Percaya KPK daripada DPR

Jujur, Publik Lebih Percaya KPK daripada DPR

Jakarta - Tingkat kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Indonesia menunjukkan hasil yang meyakinkan. Dari 34 provinsi dengan jumlah responden 1.200 orang, survei yang dilakukan dengan metode multistage random sampling itu menemukan sebanyak 82 persen responden masih mempercayai KPK.
 
Sedangkan sisanya baru diikuti oleh lembaga TNI 81 persen, Presiden 78,6 persen dan terendah kepada Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah yang berada di bawah 50 persen. Demikian hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indo Barometer.
 
"Lembaga negara yang skor bersihnya paling tinggi adalah KPK, TNI dan presiden. Lainnya di bawah 50 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qadari, Kamis (8/10/2015).

Hasil survei dengan tingkat kesalahan sebesar lebih kurang 3 persen itu, juga menelisik hubungan presiden dan semua lembaga negara tergolong baik di mata publik.
 
Menurut survei, skor tertinggi adalah antara presiden dengan wapres (83,7%), dan terendah adalah presiden dengan DPR RI (64,9%). "Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja aparat hukum tertinggi adalah pada KPK. Paling rendah adalah pada advokat atau pengacara," katanya.

Dalam survei, publik juga menilai hubungan antara aparat negara yang dianggap terendah adalah antara KPK dengan Polri, yakni dengan skor 42,7 persen. "Paling tinggi adalah antara Polri dan Kejaksaan, sebesar 64,4 persen," tambah Qadari. (Jr)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,