4 Juta Pohon di Wilayah Kota Bandung Akan Ber-KTP

4 Juta Pohon di Wilayah Kota Bandung Akan Ber-KTP

Bandung - Sedikitnya empat juta pohon yang ada di wilayah Kota Bandung, segera memiliki KTP (kartu tanda pengenal) pada 2016. "KTP pohon itu sebenarnya pendataan bagi kami. Di ruas jalan nantinya ada berapa pohon, jenis, ketinggian, serta kesehatannya," kata Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Arif Prasetya, Kamis (15/10/2015).
 
Arif menjelaskan, nantinya KTP pohon tersebut tidak akan ditempel di pohon, tetapi  informasi pohon tersebut dapat diunduh melalui seluler berbasis android. Dari empat juta pohon yang di Kota Bandung, sudah ada sekitar 30 persen pohon yang didata.
 
"Mengenai data KTP pohon tersebut bisa diupload atau bisa dibuka lewat android. Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui mengenai informasi pohon tersebut," katanya.
 
Disebutkan, untuk menunjang atau merealisasikan program KTP pohon tersebut, Distamkam menganggarkan sebesar Rp 300 juta yang digunakan untuk pendataan hingga pengadaan aplikasi. "Untuk tahun ini gagal lelang, karena tidak ada pihak pengembang yang sanggup membayar tenaga ahli," tegas Arif.
 
Sementara itu, persiapan menghadapi musim penghujan Distamkam mengaku telah melakukan pengawasan monitoring terhadap pohon-pohon tersebut. Monitoring yang sudah dilakukan mencapai sekitar 400 - 600, terhadap pohon yang berusia di atas 50 tahun. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,