Kemen PUPR Dukung Kota Cerdas

Kemen PUPR Dukung Kota Cerdas

Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sangat mendukung pengembangan kota cerdas di Indonesia. Termasuk dalam penyelenggaraan Smart Indonesia Initiatives Forum, yang baru-baru ini digelar di Kota Bandung.

Pada kesempatan itu, Hermanto Dardak selaku Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR menjadi salah satu keynote speaker. Di dalam forum pertemuan yang menghadirkan beberapa menteri kabinet kerja, para peneliti, pengembang industri, beberapa Direksi BUMN, pemegang otoritas, akademisi, walikota dan pemerintah daerah terkait lainnya, Hermanto Dardak memaparkan mengenai dukungan infrastruktur PUPR untuk pengembangan Kota Cerdas di Indonesia. 

Selain itu, mendiskusikan hasil-hasil penelitian, pengembangan maupun usulan yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan TIK untuk infrastruktur Indonesia.

“Dengan embrio kota hijau, ide dan konsep kota cerdas perlu terus dikembangkan  dan didesiminasikan, agar ke depan kota-kota di Indonesia menjadi aman, nyaman, produktif dan efisien, serta berkelanjutan,” tutur Dardak dalam forum yang diadakan di Aula Barat, Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

Dardak juga menjelaskan, melalui perwujudan 8 atribut kota hijau yang meliputi smart development planning, smart green open space, smart transportation, smart waste management, smart water management, smart building, smart energy dan smart community, Kementerian PUPR telah mengawali pengembangan kota cerdas di Indonesia. 

“Langkah konkrit dukungan Kementerian PUPR adalah inkubasi Kota Cerdas dan Anjungan Cerdas. Keterlibatan semua stakeholders kunci yang didorong melalui triple helix dibutuhkan untuk mewujudkan Kota Cerdas secara utuh dan menyeluruh,” lanjut Dardak dalam forum yang diadakan pada tanggal 15-16 Oktober ini. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,