128 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah Dipulangkan

128 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah Dipulangkan

Mekah - Kepala Daker Airport Jeddah-Madinah, Nurul Badruttamam mengatakan, lebih dari 128 ribu jemaah haji Indonesia sudah dipulangkan ke Tanah Air.

“Sampai dengan hari ini sudah ada 308 Kloter  dengan total  128.036 jemaah haji Indonesia sudah dipulangkan ke Tanah Air,” terang Nurul Badruttamam seperti dikutip dari laman kemenag.go.id, Kamis (22/10/2015).

Operasional pemulangan jemaah haji dilakukan dalam dua gelombang. Sebanyak 184 kloter jemaah haji gelombang pertama dipulangkan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAAIA) Jeddah  sampai dengan 11 Oktober lalu. 

Setelah itu, 197 jemaah haji Indonesia dipulangkan secara bertahap dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sejak Senin (12/10/2015) lalu. 

Proses pemulangan ini dijadwalkan akan berlangsung sampai Senin (26/10/2015) mendatang. “Jelang tutup operasional, kepulangan jemaah haji dari bandara Madinah semakin cepat dan tepat pelayanannya,” terang Nurul Badruttamam.

Menurutnya, hal ini terjadi karena pemulangan jemaah haji dari beberapa negara lainnya sudah selesai sehingga aktivitas di Bandara AMAA Madinah  semakin lenggang dan tidak sepadat pada awal pemulangan jemaah.

“Waktu pemulangan juga semakin relatif pendek dan cepat. Jemaah merasa nyaman dengan layanan yang serba cepat dan bisa langsung boarding ke pesawat,” katanya.

Layanan semakin cepat, lanjut Nurul, karena kalau sebelumnya jemaah turun dari bus, sesampainya di pelataran Bandara Madinah harus masuk dulu di ruang tunggu/pavilium,  mulai  Senin kemarin,  bus pengantar jemaah bisa langsung menuju depan pintu gate terminal L.0 (lantai bassment) sehingga begitu jemaah turun dari bus langsung masuk ke gate imigrasi, lalu boarding.

Nurul berharap, pola pelayanan yang seperti ini akan semakin memberikan kenyamaan kepada jemaah haji Indonesia yang akan pulang ke Tanah Air. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:,