2016, Warga Bandung Bisa Gunakan 'Cable Car'

2016, Warga Bandung Bisa Gunakan 'Cable Car'

Salah satu moda transportasi

Bandung - Akhir 2016 mendatang, seluruh warga Bandung sudah bisa menggunakan prototye cable car, yang menghubungkan antara Jalan Ciungwanara hingga Jalan Cihampelas Kota Bandung. 
 
"Kalau tidak ada halangan prototype tersebut akan dibangun pada tahun ini juga, sehingga akhir 2016 sudah bisa digunakan oleh warga Bandung," kata Walikota Bandung Ridwan Kamil di Balaikota, Kamis (22/10/2015).
 
Emil, sapaan akrabnya menjelaskan, pembangunan cable car sepanjang 850 meter tersebut dibangun oleh PT Aditya Dharmaputra Persada ‎tanpa dilakukan proses lelang. Pasalnya, proyek tersebut masih sebatas percontohan atau prototype.
 
Apabila proyek itu dipandang berhasil, maka Pemkot Bandung akan mengembangkan cable car dengan total panjang mencapai 40 km‎. Namun proses itu nantinya akan melalui proses lelang. "Nanti kalau pemenangnya PT Aditya, maka tinggal diteruskan. Namun kalau pemenang tendernya orang lain, prototype itu bisa dicopot lagi atau dijual oleh PT Aditya," katanya.
 
Menurut Emil, proyek prototype tersebut akan mulai dibangun berbarengan dengan Gedung Parkir di Jalan Gelapnyawang dan Taman Air PDAM yang terintegrasi dengan Terminal Cable Car Dago.
 
Diharapkan, ke depan cable car akan menjadi moda transportasi massal yang bisa menjangkau seluruh kalangan masyarakat, lewat penerapan tarif yang murah bahkan bisa menyaingi tarif angkutan kota (angkot). (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,