Dana Tanggulangi Asap Lebih Kecil dari Blusukan Jokowi

Dana Tanggulangi Asap Lebih Kecil dari Blusukan Jokowi

Jokowi kerjanya hanya blusukan ke daerah-daerah, sedot dana lebih besar ketimbang tanggulangi kebakaran hutan.

Jakarta - Dana penanggulangan kabut asap sangat sedikit dibandingkan dengan dana blusukan Presiden Jokowi selama ini. Demikian dikemukakan Wakil Ketua DPR Fadli Zon, yang mengkritik pemerintah dalam mengalokasikan anggaran dana untuk penanganan kabut asap. 
 
"Berapa itu dana Presiden untuk blusukan ke pasar di Jakarta? Mungkin lebih dari Rp 1 miliar," kata Fadli di Gedung DPR Jakarta, Selasa (27/10/2015). Fadli pun minta Jokowi lebih serius memikirkan bagaimana penanggulangan asap secara konkret. 
 
Selama ini, berdasarkan penilaiannya, Jokowi kurang serius dalam menangani masalah asap. Karena ketidakseriusan Jokowi itu pula, Fadli berharap Pansus Asap (Pansus Kebakaran Hutan dan Lahan) yang usulannya baru digulirkan dapat terbentuk untuk bisa memecahkan masalah itu.
 
"Saat saya datang ke Kalteng, dana untuk tanggap darurat itu dari aparat di lapangan untuk Kalteng hanya Rp 1 miliar, jadi ini seperti bercanda mau menangani asap," kata politisi Partai Gerakan Indonesia Raya itu.

Namun demikian, ia tetap bersyukur Jokowi mempercepat kunjungannya di Amerika Serikat. Apalagi kunjungan ke AS itu hasilnya tidak terlalu signifikan. "Saya kira itu keputusan yang tepat. Sebab masalah bencana asap itu lebih penting, ketimbang kunjungan ke Amerika yang menurut saya hasilnya begitu-begitu saja," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,