Sudah Ratusan Hektar Lahan di Gunung Merapi Terbakar

Sudah Ratusan Hektar Lahan di Gunung Merapi Terbakar

Yogyakarta - Kebakaran lahan di kawasan Gunung Merapi sudah mencapai ratusan hektar. Di Magelang misalnya, yang meliputi wilayah Srumbung dan Dukuh, kebakaran mencapai 78 ha, sedangkan di Boyolali mencapai 23 ha.

"Memang cukup luas cakupan kebakarannya. Namun semua sudah bisa dipadamkan, yakni 78 hektar di Magelang dan 23 hektar di Boyolali," Kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Tri Edy Sutiarto Edy.

Menurutnya, kebakaran di Gunung Merapi berimbas pada ekosistem di TNGM. Kebakaran membuat pohon endemik ikut terbakar, di antaranya Puspa (achima walichii), Berasan (tarennoidea wallichii) dan Pinus. Pihaknya berencana menanam kembali pohon yang terdampak kebakaran tahun depan.

"Pohon untuk restorasi yang memiliki ketinggian 1 hingga 2 meter juga ikut terbakar. Untuk Kecamatan Dukuh itu dominan pinus yang terbakar karena dulu dikelola Perum Perhutani," katanya.
 
Tidak hanya tumbuhan, sejumlah hewan penghuni pun banyak yang menjadi korban saat kebakaran 1 November lalu. Sejumlah hewan, seperti musang, kijang, burung pergi dari kawasan ini. 

"Banyak yang pergi utamanya burung, saat terbakar mereka pergi. Namun ada yang ikut terbakar karena kembali ke sarang saat akan menyelamatkan anaknya. Sejauh ini hewan yang memiliki tubuh besar belum ada data yang terbakar, mungkin yang kecil-kecil saja," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,