Chile Diguncang Gempa Berkekuatan 6,9 SR

Chile Diguncang Gempa Berkekuatan 6,9 SR

Santiago - Wilayah pesisir Chile diguncang Gempa berkekuatan 6,9 pada skala Richter (SR), Selasa malam waktu setempat.  Demikian dilaporkan Reuters, Rabu (11/11/2015).

Kantor keadaan darurat Chile (ONEMI) menyatakan, tidak ada laporan kerusakan dalam gempa tersebut. Selain itu belum ada laporan korban jiwa disampaikan oleh pihak berwenang.

Sementara Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) menyebutkan, gempa tersebut sangat dangkal. Pusat kedalaman gempa dilaporkan mencapai 10 kilometer. Sedangkan titik pusat gempa berada pada 93 kilometer sebelah barat daya Coquimbo dan 466 kilometer barat laut Santiago.
 
"Gempa tidak menimbulkan kerusakan yang berarti. Sementara guncangan yang terjadi menurut pihak Angkatan Laut tidak cukup kuat untuk memicu terjadinya tsunami," sebut pihak ONEMI.

Chile kerapkali diguncang gempa. Pada 2010, negara itu dihantam gempa berkekuatan 8,8 SR dan menimbulkan banyak korban. Sementara gempa terparah yang pernah melanda Chile tercatat pada 1960, dengan kekuatan mencapai 9,5 SR.(Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,