Arkarna Dukung Ditutupnya 22 Situs Musik Ilegal

Arkarna Dukung Ditutupnya 22 Situs Musik Ilegal

Ollie Jacobs dan Matt Hart grup Arkarna, Inggris jumpa pers di Gedung Serbaguna Kominfo, Jakarta Pusat.

Jakarta - Vokalis Ollie Jacobs dan gitaris Matt Hart grup musik Arkarna Inggris, sambut hangat ditutupnya 22 situs musik ilegal oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) karena dinilai melanggar hak cipta atas karya musik.

"Saya senang dengan ditutupnya situs ilegal yang banyak merugikan para pemusik. Saya harap dengan ditutupnya situs ilegal itu, masa depan musik akan menjadi lebih baik," ucap Ollie Jacobs di di Gedung Serbaguna Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Menurutnya, situs ilegal tidak hanya merugikan musisi Indonesia tapi juga para musisi mancanegara, yang mempunyai target bahwa Indonesia adalah pasar musik yang dituju. Di mana para pencinta musik Indonesia juga banyak menggemari musik dari musisi dunia. "Tentunya situs ilegal sudah merugikan pemusik, karenanya saya senang situs ilegal itu ditutup dan penggemar musik bisa menikmati musik dari situs  yanglegal," terang Ollie Jacobs.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi dan Telematika Bambang Heru Tjahjono mengatakan, pemblokiran itu merupakan tindak lanjut dari permintaan Kementerian Hukum dan HAM melalui surat No. HKI.7.HM.01.05-264 tertanggal 15 Oktober 2015, perihal rekomendasi penutupan konten dan hak akses bagi pelanggar hak cipta.

Surat rekomendasi diberikan setelah aduan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri), sesuai dengan prosedur penutupan situs pelanggar hak cipta. Penutupan situs ilegal merupakan delik aduan. Kemenkominfo dan Kementerian Hukum dan HAM sebelumnya telah menandatangani kerja sama, dalam rangka memberantas pelanggaran hak cipta yang dilakukan lewat internet.

Perwakilan Asiri Totok mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh setidaknya ada 6 juta "download" atau unduh lagu dilakukan lewat situs ilegal. "Bila itu dihargai paling murah Rp 1.000, setidaknya kerugian mencapai Rp 6 miliar per hari," ucapnya.

Ke-22 situs yang diblokir itu, menurutnya merupakan situs yang paling banyak diakses. Berdasarkan data Asiri, pengakses 22 situs itu  mencapai 430 ribu setiap bulan. (Jr.)**

Ke-22 situs ilegal yang ditutup tersebut adalah 
.

Categories:Musik,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait