Buruh Konvoi di Jalan, Toko di Depok Pilih Tutup

Buruh Konvoi di Jalan, Toko di Depok Pilih Tutup

Sebagian buruh tengah bersiap-siap untuk bergerak konvoi. (angga)

Depok - Ribuan buruh di Depok mulai turun ke jalan untuk menolak upah murah. Aksi mogok nasional itu dilakukan dengan konvoi dan mendatangi sejumlah perusahaan atau pabrik, untuk menyampaikan aksi protes dan meminta buruh untuk ikut demonstrasi.
 
Hal itu menyebabkan Jalan Raya Bogor di kawasan Depok menuju Jakarta macet total. Iring-iringan massa buruh pun diperkirakan mencapai 3 kilometer, meski aksi ribuan buruh ini mendapat kawalan ketat dari petugas Kepolisian.
 
Saat buruh melintasibeberapa pabrik yang ada di sepanjang Jalan Raya Bogor, sejumlah pekerja tampak berdiri di depan pagar. Mereka menyampaikan dukungan pada sejumlah rekan seperjuangannya. Khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan, sejumlah pusat perbelanjaan di kawasan Jalan Raya Bogor, Cimanggis pun tutup.
 
Kapolresta Depok Komisaris Besar Dwiyono bersama sejumlah personelnya yang mengawal aksi konvoi buruh turun langsung mengurai kemacetan. Polisi meminta agar buruh mempercepat laju kendaraannya, sehingga tidak membuat kemacetan makin panjang. "Alhamdulillah aksi berjalan lancar, aman dan tetap kondusif," kata Kapolres.
 
Dalam aksinya masa menuntut penghapusan PP Nomor 78 Tahun 2015, tentang Pengupahan dan ingin dilaksanakan Perda No. 10 Tahun 2014 tentang pekerja harian lepas. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,