Dinilai Menyinggung Disabilitas, Model Syur Itu Dikecam

Dinilai Menyinggung Disabilitas, Model Syur Itu Dikecam

Cacian hingga kecaman menerpa bintang reality show sekaligus model syur, Kylie Jenner. (foto - ist)

San Fransisco - Berbagai sindiran, cibiran, cacian hingga kecaman menerpa bintang reality show sekaligus model syur, Kylie Jenner. Ya, sejumlah posenya yang berada di kusi roda saat duduk di halaman depan sebuah majalah, dianggap menghina para penyandang disabilitas.
 
Hal itu terkait dengan hari Kamis (3/12/2015) sebagai Hari Disabilitas Internasional, yang tengah diperingati di seluruh dunia. Sayangnya, Kylie yang juga masih saudara tiri Kardashian itu, justru menyinggung perasaan para penyandang disabilitas dengan pose binalnya di Majalah “Interview”.
 
Dalam foto pada majalah itu, model berusia 18 tahun tersebut berpose sebagai boneka seks dengan mengenakan pakaian lateks dan duduk di kursi roda. "Foto itu sungguh menyinggung perasaan. Para penyandang disabilitas sudah terlihat sebagai orang tak berdaya dan foto itu justru memperkuat persepsi itu,” kecam Emily Smith Beitiks, aktivis LSM pemerhati disabilitas Paul K. Longmore Institute on Disability.
 
Seperti dilaporkan CNN, kecaman lain datang dari penulis yang juga penyandang disabilitas, Kayla Whaley. "Saya merasa diperlakukan bak anak kecil karena kursi roda saya, dan saya menjauhkan diri dari hal-hal berbau seks. Tapi Kylie? Dia dibayar dan dipuji untuk (berpose seks) itu,” timkata pal Kayla.
 
"Kenapa seseorang dengan tubuh sempurna (Kylie Jenner) berpose dengan kursi roda? Diskriminasi terhadap disabilitas bukanlah sebuah pernyataan fashion,” kecam aktivis lainnya, Ophelia Brown.
 
"Pose Kylie dengan kursi roda ketika dia tak membutuhkannya, menyakiti perasaan komunitas penyandang disabilitas. Ini juga jadi masalah dalam bisnis hiburan. Anda melihat banyak aktor yang hanya berpura-pura berkursi roda sebagai orang disabilitas di TV, film atau majalah,” timpal Jessica Jewett. (Jr.)**
.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait