Ini Negara dengan Internet Terbaik & Terburuk di Dunia

Ini Negara dengan Internet Terbaik & Terburuk di Dunia

International Telecommunication Union (ITU) rilis koneksi internet terbagi dan terburuk berbagai negara. (foto - ist)

Paris  - Sebuah studi terbaru International Telecommunication Union (ITU) yang mengukur koneksi internet dengan melihat seberapa cepat kecepatan internet yang dimiliki sebuah negara, dirilis ITU yang menampilkan peringkat negara dengan koneksi internet terhadap ratusan negara di dunia. ITU juga merilis mengenai berapa persen orang yang menggunakan akses koneksi internet. 

Seperti dikutip dari Tech Radar,  studi ITU tentang internet yang dilakukan pada 2015 itu juga menggambarkan, bagaimana perkembangan koneksi internet di sebuah negara selama lima tahun terakhir ini. Sedangkan studi sejenis yang dilakukan ITU sebelumnya, yakni pada 2010.

Peringkat koneksi internet itu juga dilengkapi dengan indeks pembangunan informasi teknologi dan komunikasi (IDI), yang berbasis kecepatan internet, jumlah pelanggan internet kabel dan persentase rumah tangga yang punya komputer. Hasilnya pada posisi puncak diraih oleh Korea Selatan dengan skor IDI mencapai 8,93. 

Negeri Ginseng tersebut mempertahankan posisi puncaknya seperti pada studi 2010. Lima tahun lalu skor IDI Korea selatan hanya 8,64. Sedangkan peringkat kedua diduduki Denmark, dengan skor IDI 8,88. Peringkat Denmark tersebut naik dua peringkat dari posisi 4 pada studi 2010. 

Posisi Denmark dibayang-bayangi oleh Islandia yang menempati pada posisi ketiga dengan skor IDI 8,86. Posisi Islandia tak berubah seperti pada studi 2010. Selanjutnya di peringkat keempat diduduki Inggris dengan skor IDI 8,75. 

Pencapaian Inggris terbilang bagus, karena pada studi 2010 peringkat Negeri Ratu Elizabeth itu hanya berada di posisi 10. Sementara untuk peringkat kelima diraih Swedia dengan skor ISI 8,67. Posisi Swedia melorot dari posisi kedua pada studi tahun 2010.
 
Mengenai posisi Indonesia berada di papan tengah, dengan menduduki peringkat 108 dari 167 negara yang terdaftar. Indonesia menduduki peringkat tersebut dengan skor IDI 3,94. Posisi Indonesia naik satu peringkat dari peringkat 109 pada studi 2010 dengan skor IDI 3,11. 

Sementara itu, negara besar lain justru punya peringkat koneksi internet yang kurang bagus. Australia misalnya, hanya menduduki peringkat ke-13 dengan skor IDI 8,29, dan Amerika Serikat ada dua posisi di bawah Australia yaitu peringkat ke-15 dengan skor IDI 8,19.

Dalam peringkat itu negara yang menduduki posisi paling buncit, yaitu Chad dengan skor ISI 1,17. Di atas Chad yaitu Malawi, Madagaskar, Ethiopia dan Eritrea. Laporan ITU menunjukkan, dari 23 peringkat terbawah negara koneksi internet buruk diduduki negara di kawasan Sub Sahara Afrika. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,