Pemerintah Inggris Beri Santunan bagi Korban Banjir

Pemerintah Inggris Beri Santunan bagi Korban Banjir

5.000 warga dan tempat bisnis di Cumbria dan Lancashire dapat bantuan dari Pemerintah Inggris. (foto - ist)

Cumbria - Sekitar 5.000 pusat bisnis dan warga di Cumbria dan Lancashire, dipastikan akan mendapatkan bantuan dari dewan pajak dan tarif bisnis. Bantuan dari Pemerintah Inggris tersebut diberikan kepada warga, yang menjadi korban banjir akibat badai Desmond akhir pekan lalu.
 
Seperti dilansir News Sky, Rabu (9/12/2015) menurut  dugaan juru bicara perusahaan asuransi di Inggris, Alam McDermott, kerugian yang diderita warga karena banjir pekan lalu itu berkisar 400-500 juta poundsterling, atau lebih dari Rp 8 triliun.
 
"Mereka mengatakan, ‘kita tidak bisa mencegah terjadinya bencana tersebut karena volumenya di luar dugaan’. Padahal, dana yang dikucurkan mencapai 38 juta pounds untuk mengantisipasinya. Banjir itu juga bukan pertama kalinya,” kata Dermott.
 
Ia menilai, banjir yang terjadi di Cumbria dan beberapa wilayah di utara Inggris dan Skotlandia, murni sebagai kegagalan program antisipasi yang dicanangkan pemerintah Inggris. "Dengan dana 38 juta pounds dan masih kebanjiran, orang yang merencanakan pendanaan itu patut bertanggung jawab dan mengakui kesalahannya,” katanya.
 
Sementara itu, pihak kepolisian Cumbria mengatakan pada Senin, 7 Desember 2015, sedikitnya 6.425 properti terendam banjir, dan masyarakat yang paling merasakan dampaknya ialah penduduk Northumberland dan Lancashire.
 
Sebelumnya diberitakan, seorang kakek berusia 90 tahun menjadi salah seorang korban yang meninggal dalam peristiwa tersebut. Sejauh ini, sekitar 1.000 rumah penduduk masih belum dialiri listrik. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,