Awas, Mobil PKL yang Membandel Diancam Digembok

Awas, Mobil PKL yang Membandel Diancam Digembok

Satpol PP bertindak tegas terhadap PKL bermobil yang mangkal di Jalan Diponegoro Kota Bandung. (foto - ist)

Bandung - Tindakan tegas akan diberlakukan kepada para pedagang kaki lima (PKL) bermobil bagi mereka yang mangkal di Jalan sepanjang Jalan Diponegoro. Mobil PKL tersebut akan langsung digembok Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), yang berkoordinasi dengan tim penggembokan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung.
 
"Kondisi itu nanti diselesaikan agar mereka tidak berjualan lagi. Sekarang sudah tidak ada lagi  peringatan bagi mereka, sehingga kami langsung gembok," kata Kepala Seksi Penertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Satriadi Buana, Rabu (30/12/2015).
 
Hal itu dilakukan karena kerap para PKL bermobil tersebut muncul kembali, seusai dilakukan penertiban. Seperti tadi, setelah dilakukan penertiban sekitar pukul 10.00 WIB, namun pada siang harinya mereka sudah tampak lagi berjualan di sepanjang jalan tersebut.
 
Menurut Satriadi, pihaknya gencar melancarkan penertiban dan penggembokan tersebut karena memang lokasi mereka mangkal, yakni di sepanjang Jalan Diponegoro merupakan zona merah yang harus steril dari PKL.
 
Pada saat penertiban, katanya  puluhan PKL bermobil pun tampak berjejer menjajakan barang dagangannya. Melihat banyaknya PKL tersebut, petugas langsung menertibkan dengan mengangkut sebagian barang mereka dan membawa identitas pedagang. "Kami sudah menyisir kemudian kami pun sudah melakukan penindakan. Kami membawa 12 KTP milik pedagang yang mangkal di sana," ujar Satriadi.
 
Namun, meski sudah dilakukan penertiban siang harinya, sejumlah PKL bermobil kembali berjualan di sepanjang Jalan Diponegoro hingga sore. Mereka biasanya dengan membuka kap mobil belakangnya dan menggelar dagangannya.
 
Diakui Satriadi, para PKL bermobil itu pun kerap kembali lagi turun ke jalan meski sudah dilakaukan penertiban. Bahkan, sejak September lalu sedikitnya sudah delapan kali pihak Satpol PP menertibkan PKL bermobil di kawasan itu. 
 
Sejauh ini, para PKL bermobil tetap membandel dan kembali berjualan. Paling tidak, selagi ada penertiban mereka berpindah ke jalan-jalan di sekitarnya, atau bahkan ke Jalan Supratman. "Memang mereka memanfaatkan lokasi yang ramai seperti di sana. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,