Kemenkes Kecolongan, Klinik Chiropractic Lolos Pengawasan

Kemenkes Kecolongan, Klinik Chiropractic Lolos Pengawasan

Kemenkes Kecolongan, Klinik Chiropractic Lolos dari Pengawasan

Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah kecolongan atas kasus malapraktik yang dilakukan Klinik Chiropractic First, hingga merenggut nyawa seorang korban wanita bernama Allya Siska Nadya (33 tahun).
 
Menurut kuasa hukum keluarga korban, Rosita Radjah melihat ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 1076 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional, pengobatan chiropractic dianggap sebagai pengobatan tradisional.

"Chiropractic masuk tradisional dalam peraturan itu," kata Rosita. Dalam peraturan itu, katanya juga disebutkan apabila terapis atau dokter pengobatan tradisional asing harus mengantongi izin langsung dari Kementerian Kesehatan.

"Kalau ada dokter asing yang nelaksanakan praktik di Indonesia harusnya dia sudah mengantongi izin dari kementerian.  Jelas, ini merupakan sebuah kelalaian, itu yang harus didalami dalam pengobatan tradisional yang mempekerjakan tenaga atau dokter asing," katanya.

Rosita menegaskan, hingga sejauh ini pihak keluarga masih menunggu proses penyidikan yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya. "Kami masih laporkan pidananya, kami tunggu hasil dari Polda Metro," tegasnya.  (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,