Klinik Tirta Halim Digerebek Seorang Dokter Asing Diciduk

Klinik Tirta Halim Digerebek Seorang Dokter Asing Diciduk

Penggerebekan Klinik Tirta Halim, seorang dokter asing dan obat-obatan kadaluwarsa diamankan. (foto - ist)

Jakarta - Sebuah Klinik drg. Tirta Halim di Jalan Haji Agus Salim, Gondangdia, Menteng Jakarta Pusat digerebek tim gabungan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, Dinas Imigrasi dan Satpol PP selama 3 jam.

"Banyak masalah ditemukan di sini. Antara lain izin praktik tidak ada, izin usahanya juga tidak ada," kata Kepala Bidang Pengawasan Dinas Kesehatan Povinsi DKI Jakarta, Tienke di Jakarta, Jumat (5/2/2016) malam.

Petugas pun mengamankan puluhan jenis obat yang sudah kedaluwarsa. Dari obat-obatan itu, semuanya merupakan obat luar untuk gigi. Seperti tambalan gigi, jarum suntik, dan obat luar. "Kami menyita 10 sampai 15 jenis obat-obatan yang sudah kedaluwarsa. Enggak ada yang obat telan, ada antiseptik, jarum, dan karbol. Kami hanya menyita sampelnya, tak semuanya dibawa," katanya.

"Setiap produk kan ada batasan waktunya. Produk obat yang kami temukan ada yang sudah kedaluwarsa sejak tahun 2006, 2008, dan tgahun 2010," tegas Tienke.

Dalam penggeledahan itu juga tim gabungan juga menggelandang dokter gigi berkewarganegaraan asing (WNA) asal Jepang, atas nama Akira Tarumoto yang sudah berusia 65 tahun. "Kami dia bawa ke Polda, dia tak bisa menunjukkan identitas dan izin untuk berpraktik," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,