Gempa Taiwan, 35 Orang Tewas Ratusan Lainnya Hilang

Gempa Taiwan, 35 Orang Tewas Ratusan Lainnya Hilang

Hingga kini gempa di Taiwan menyebabkan 35 orang tewas dan ratusan lainnya dinyatakan hilang. (foto - ist)

Taipei - Korban meninggal akibat gempa di Taiwan selatan terus bertambah, hingga Senin ini menjadi 35 orang. Sementara ratusan orang lainnya masih dinyatakan hilang yang diduga tertutup puing-puing gedung yang runtuh. Sejauh ini, upaya penyelamatan pun terus dilakukan.
 
Dilansir Reuters, Senin (8/2/2016) Presiden Taiwan Ma Ying-jeou akan mengunjungi daerah terdampak bencana gempa bumi di Tainan untuk melihat langsung kerusakan parah yang ditimbulkan gempa berkekuatan 6,4 pada skala Richter (SR). Untuk itu, Cina menyampaikan rasa simpatinya kepada Taiwan.
 
"Presiden Tiongkok Xi Jinping menyampaikan belasungkawa kepada Taiwan, khususnya keluarga korban," kata kantor berita Xinhua. Cina juga menawarkan bantuan kepada Taiwan. Tim penyelamat terus mencari di antara reruntuhan bangunan dan anggota keluarga korban berdiri di sekitar untuk melihat dan menunggu kabar.
 
Sementara itu, otoritas setempat mengatakan 485 orang terluka dalam musibah ini, namun 368 dari mereka berhasil pulih dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Pusat Informasi Manajemen Darurat Taiwan melaporkan, sembilan korban ditemukan di reruntuhan bangunan tinggi, dan dua lainnya meninggal akibat tertimpa objek yang jatuh di sekitar lokasi.
 
"Ratusan orang belum bisa dihubungi itu berasal dari wilayah bencana di Tainan, Chiayi dan Yunlin," kata juru bicara pusat Lee Wei Sen dikutip dari AFPSaat ini 800 tentara sudah dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan di Wei-Kuan. 
 
Seorang pejabat senior militer di lokasi kejadian mengatakan, sekitar 20 orang masih terjebak dalam salah satu bangunan. "Pencarian berpacu dengan waktu dan akan diteruskan sepanjang malam," kata Wakil Kantor Pemadam Kebakaran Tainan, Liang Chuan-shun. (Jr.)**

 

.

Categories:Internasional,
Tags:,