Bayi Leni dan Ade Akhirnya Pulang Kerumahnya

Bayi Leni dan Ade Akhirnya Pulang Kerumahnya

Rs Immanuel Beberkan Soal Bayi Leni Ade, Kamis (6/11/2014) (Foto: CIKALNEWS/TrisDodi)

Bandung - Terkait masalah penahanan bayi Leni dan Ade, Direktur Pelayanan Medis RS Immanuel  dr. Bintang B.M Napitupulu,menjelaskan ,sebelum memulangkan bayi, dokter spesialis anak berencana memberikan edukasi mengenai metode kangguru atau perawatan bayi di rumah, hal ini diperlukan untuk meyakini bahwa ibu dan ayah dapat merawat bayi dengan baik dan benar, tetapi orang tua bayi tidak menyempatkan diri untuk bertemu dokter spesialis untuk menerima edukasi tersebut.

“Dokter spesialis anak baru bisa memulangkan bayi bila telah meyakini bahwa ibu dan ayah telah siap merawat bayi dan metode kangguru sudah dipahami benar, karena semua itu menyangkut keselamatan bayi,” ujar Bintang  kepada wartawan di RS immanuel Kota Bandung Kamis (6/11/2014).

Bintang mengungkapkan, tanggal 4 November dokter spesialis anak menyatakan bahwa kondisi bayi sudah baik, berat badab bayi 1800 gram dan diperkenankan pulang sesuai prosedur medis.

Tanggal 22 Oktober pihaknya (bagian bimbingan pasien) melakukan survey kerumah pasien dan mendapati bahwa keluarga pasien tidak mampu. Pada tanggal 23 Oktober petugas melakukan audensi dengan Dinas Sosial dan disarankan untuk menghubungi Dinas Pemberdayaan Perempuan pada hari yang sama, tetapi karena persyaratan tidak lengkap diminta untuk menghubungi Dinas kesehatan Kab. Bandung.

Pada hari yang sama juga petugas kami beraudensi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, tetapi tetap terbentur dengan persyaratan administrasi yaitu kartu keluarga dan surat nikah yang tidak ada.

“Kami sudah melakukan upaya semaksimal mungkin untuk menangani kondisi kesehatan bayi dan memfasilitasi keperluan administrasi agar bayi dapat segera pulang dan tidak ada maksud dari pihak RS. Immanuel untuk menahan bayi sebagai jaminan seperti pemberitaan yang di sampaikan media,” pungkasnya.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:kesehatan,