Korban Tewas Akibat Gempa Taiwan Capai 94 Jiwa

Korban Tewas Akibat Gempa Taiwan Capai 94 Jiwa

Gedung pencakar langit Taipei 101 sebagai salah satu landmark di Taiwan terus menampilkan

Taipei - Pemerintah Taiwan secara resmi melansir jumlah korban tewas akibat gempa yang mencapai 94 jiwa. Dalam sebuah upacara penghormatan untuk mengenang para korban gempa yang terjadi pekan lalu itu, dihadiri oleh hampir seluruh pihak keluarga korban.

Seperti dikutip AFP, Jumat (12/2/2016) Presiden Taiwan Ma Ying-Jeou dan Presiden terpilih Taiwan Tsai Ing-Wen bersama-sama pihak keluarga, turut menghadiri upacara penghormatan bagi para korban. Korban tewas dari gempa itu diketahui berasal dari gedung apartemen yang roboh di Tainan, Taiwan.

Sementara itu, gedung pencakar langit Taipei 101 yang merupakan salah satu landmark di Taiwan hingga kini terus menampilkan running text. Antara lain ‘Pray for Tainan’, ‘Go Tainan’, dan ‘Bless Taiwan’. Hal itu sebagai bentuk solidaritas terhadap para korban gempa 6,4 SR ,yang menimpa warga Tainan pada Sabtu lalu.

Taipei Times melansir, ucapan semangat itu ditayangkan pada puncak gedung yang memiliki tinggi 508 meter, yang konstruksinya menyerupai lilin. Teks yang ditulis dalam bahasa mandarin itu, terus di-running mulai dari pukul 18.00 sampai 22.00 waktu Taiwan.

"Pesan itu kami sampaikan untuk menghormati mereka yang menjadi korban meninggal maupun luka-luka, akibat gempa bumi. Juga menyemangati tim penyelamat yang sudah bekerja dengan sangat baik, dalam mengevakuasi para korban dari reruntuhan," kata manajemen Taipei 101.

Seperti diketahui, korban meninggal gempa Tainan, Taiwan terus berambah dan lebih dari 400 orang terluka. Ratusan penghuni apartemen berlantai 17 di kawasan berpenduduk dua juta jiwa itu, sempat terperangkap dalam reruntuhan bangunan yang ambruk rata dengan tanah selama berjam-jam.

Mereka yang selamat terus berdoa agar keluarganya yang masih tertimbun bisa segera diangkut keluar dalam keadaan sehat. Di antara korban yang selamat adalah bayi berusia 10 hari hingga lansia.

Gempa di Taiwan juga memunculkan empati dari beberapa negara lain, termasuk Cina, yang dikenal sebagai rival politiknya selama ini. Sebagai bukti ketulusannya, Pemerintahan Xi Jinping langsung mendonasikan dua juta yuan atau empat miliar rupiah, untuk membantu pemerintah setempat membangun kembali daerahnya yang hancur. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,