Mitsubishi Segera Pensiun-Dinikan Ratusan Karyawan

Mitsubishi Segera Pensiun-Dinikan Ratusan Karyawan

Mitsubishi. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Menyusul langkah pabrikan beberapa merek kendaraan mem-PHK karyawannya di Tanah Air, PT Krama Yudha Ratu Motor (KRM) selaku mitra perusahaan resmi Mitsubishi Motor Corporation, ditengarai bakal menawarkan skema pensiun dini alias rasionalisasi terhadap 200 karyawannya.

Hal itu terkuak lewat pernyataan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyoal seputar maraknya gelombang PHK dua bulan terakhir ini. Hal itu terjadi seiring dengan rencana menekan biaya operasional perusahaan, yang membengkak akibat pelemahan ekonomi.
 
"Terakhir, kami menerima Mitsubishi KRM. Ada pabrik mereka yang di Pulogadung. Pabriknya tidak tutup, tetapi rasionalisasi dan menawarkan pensiun dini. bagi ratusan karyawannya. Ini juga PHK," kata Presiden KSPI Said Iqbal dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (15/2/2016).
 
Said mengatakan, menurunnya kapasitas produksi perusahaan diyakini menjadi salah satu penyebab melakukan langkah efisiensi besar-besaran, guna menekan biaya operasional. Faktor lainnya, kurang harmonisnya hubungan perusahaan terkait dengan para buruh.
 
Kabar tersebut, katanya menambah rentetan perusahaan yang berencana melakukan efisiensi secara besar-besaran tahun ini. Berdasarkan data KSPI, sampai dengan pertengahan Februari, ada setidaknya 12.689 orang yang terkena PHK.
 
"Kami bukan bermaksud ingin macam-macam, tetapi ini fakta. Kami hanya ingin membukakan pintu bagi pemerintah untuk bisa bertindak cepat. Sebab, biar bagaimanapun hal itu tidak bisa dibiarkan begitu saja," tegas Said. (Jr.)*
.

Categories:Otomotif,
Tags:,