9 Kru Tewas, Helikopter Militer Irak Jatuh di Selatan Baghdad

9 Kru Tewas, Helikopter Militer Irak Jatuh di Selatan Baghdad

Sembilan orang kru tewas, helikopter militer Irak jatuh di selatan Baghdad. (foto - ilustrasi)

KutSembilan orang tewas, menyusul sebuah helikopter militer jatuh di wilayah selatan Baghdad, Selasa. Kecelakaan tersebut terjadi, pada saat helikopter buatan Soviet itu terbang dari Kota Basra ke kota Kut.

"Helikopter tipe Mi-17 tersebut jatuh karena masalah teknis, menewaskan sembilan kru, dua di antara mereka adalah perwira," kata Brigadir Jenderal Yahya Rasool.

Dilansir AFP, Selasa  (16/2/2016) seorang kapten polisi di Kut mengatakan, kecelakaan terjadi di wilayah timur kota. Irak telah kehilangan banyak helikopter akibat kecelakaan dan ditembak senjata dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa helikopter pun rusak akibat sudah terlalu tua.

Pada Oktober 2014, militan menembak jatuh helikopter Bell 407 di Baghdad yang menewaskan dua orang kru. Lima hari setelahnya, helikopter Mi-35 ditembak jatuh di area yang sama.

Sementara kecelakaan lain terjadi pada Agustus 2014, saat helikopter kelebihan muatan terjatuh usai menyalurkan bantuan ke Gunung Sinjar. Sebuah tempat orang-orang melarikan diri dari kejahatan kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Letnan Jenderal Hassan Karim Khudayr tewas saat helikopter militer jatuh di utara Baghdad itu, sebelum ISIS melancarkan operasi besar-besaran pada Juni 2014. Sebuah helikopter Mi-17 juta jatuh di tengah badai pasir, Juli 2010. Kecelakaan tersebut menewaskan lima kru. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,