Pasar Yaik di Kompleks Pasar Johar Semarang Terbakar

Pasar Yaik di Kompleks Pasar Johar Semarang Terbakar

Pasar Yaik di kompleks Pasar Johar Semarang dilanda kebakiaran. (foto - ist)

Semarang - Pasar Yaik yang berada di kompleks Pasar Johar Semarang, Jawa Tengah mengalami kebakaran yang menghanguskan sejumlah kios, Sabtu (27/2/2016) sekitar pukul 20.30 WIB. Kobaran api menghanguskan sejumlah kios pakaian di kawasan Pasar Yaik Baru tersebut.
 
Sejumlah warga tampak panik melihat api yang menyala di kawasan kios pakaian tersebut. Para pedagang pun berlarian hilir mudik, untuk mencoba menyelamatkan barang dagangan miliknya. Warga terus mencoba mendekat ke lokasi kebakaran.
 
Sejauh ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Namun menurut penuturan sejumlah saksi mata, api pertama kali muncul di kios pakaian yang mudah terbakar. Api pertamakali muncul pukul 20.30 WIB dari kios pakaian, tapi bloknya saya tidak tahu pasti, " kata salah seorang pedagang yang berusaha untuk mengamankan barang-barang miliknya

 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana menyatakan, kebakaran diakibatkan terjadinya korsleting di salah satu kios. "Kebakaran ini disebabkan karena korsleting listrik salah satu kios yang berjualan baju di Pasar Yaik," katanya.

 

 

Pasar Yaik Semarang dihuni oleh para pedagang yang brjumlah sekitar 400 kios. Sebagian besar kios berjualan pakaian jadi, mulai dari seragam sekolah hingga kebaya. Pasar Yaik tersebut berada tepat di belakang Pasar Johar yang mengalami kebakaran beberapa bulan lalu.
 
Tak lama, petugas pemadam kebakaran Kota Semarang datang ke lokasi kebakaran. Belasan mobil damkar yang datang segera berusaha memadamkan api, dengan dibantu sejumlah warga dan pedagang di lokasi. "Ini masih terus kami padamkan. Banyak warga yang nonton di lokasi hingga menyulitkan petugas, " kata salah seorang petugas pemadam kebakaran.
 
Menurut Camat Semarang Tengah, Bambang Suranggono saat ini api sudah berusaha dilokalisir tim pemadam kebakaran Kota Semarang. "Kobaran api berada di tengah. Sudah dilokalisir dan coba kami padamkan," tuturnya.
 
Api masih terus berkobar dan mengeluarkan asap hitam yang membumbung tinggi. Pihak kepolisian menutup sejumlah jalan akses, khususnya yang menuju ke lokasi kebakaran. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,