Kepulauan Mentawai Diguncang 10 Gempa Susulan

Kepulauan Mentawai Diguncang 10 Gempa Susulan

Masyarakat Padang berbondong-bondong mencari tempat yang lebih tinggi hingga menyebabkan lalu lintas padat merayap saat gempa Rabu malam. (foto - Twitter @DMCDompetDhuafa)

Jakarta - Hingga Kamis pukul 09.00 WIB Kepualauan Mentawai diguncang 10 gempa susulan. Hal itu sesuai dengan prediksi Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono. "Ada sekitar 10 kali gempa susulan,” kata Daryono, Kamis (3/3/2016).

Daryono mengimbau, warga tidak perlu panik karena gempa susulan tersebut memiliki getaran kekuatan lebih kecil dibandingkan gempa yang terjadi pada malam lalu. "Masyarakat tidak perlu panik, kekuatan gempa lebih kecil,” katanya.

Sebelumnya, Deputi Kepala BMKG Bidang Geofisika, Masturyono mengatakan gempa susulan masih mungkin kembali melanda Kepulauan Mentawai. Ia memprediksi, gempa susulan masih akan terjadi sampai akhir pekan. "Terjadi beberapa hari. Mungkin gempa susulan terjadi sampai Sabtu-Minggu,” tegasnya.

Sementara itu, dikutip dari Russia Today, Kamis (3/3/2016) getaran gempa 7,8 SR yang terjadi di Mentawai tidak hanya terasa di wilayah Australia, tepatnya di Kepulauan Christmas dan Cocos. Namun gempa itu juga terasa hingga Singapura dan Malaysia. Bahkan, gempa dahsyat itu sempat membuat pemerintah Indonesia mengeluarkan peringatan tsunami pasca-gempa terjadi, Selasa malam WIB.

Di Singapura, warga di sana dikabarkan turut merasakan gataran, seperti yang dituturkan W. Ong yang tinggal di kawasan Sekang, Singapura. "Saya bisa merasakan tempat tidur saya bergerak dan saya melihat lonceng angin di rumah saya berayun, kendati jendela dalam keadaan tertutup,” katanya.

"Saya menduga guncangan ini terjadi karena gempa yang melanda negara tetangga (Indonesia). Karena hal yang sama juga terjadi saat terjadi gempa Sumatera beberapa waktu lalu,” tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,