Lagi, Tebing Gunung Geulis Longsor Tutup Jalan ke Puncak

Lagi, Tebing Gunung Geulis Longsor Tutup Jalan ke Puncak

Tebing Gunung Geulis di kecamatan Sukaraja kembali loongsor hingga menutupi jalan menuju Puncak. (foro - ist)

Bogor - Tebing Gunung Geulis setinggi 15 meter  kembali longsor, yang menutup jalan alternatif  menuju Puncak di Kampung Nyalindung, RT 01 RW 04 Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Hal itu terjadi menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan Bogor dan sekitarnya sejak kemarin.

Akibat dari kejadian itu, arus kendaraan dari arah Sentul menuju Puncak maupun sebaliknya terganggu dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Menurut Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo, longsor sudah terjadi sejak pukul 22.00 WIB semalam, saat hujan deras mengguyur kawasan tersebut.

"Longsor yang terjadi sekarang lokasinya masih berdekatan dengan longsor yang terjadi pada Minggu 5 Maret lalu, masih berada di satu jalur yang sama," katanya, Selasa (8/3/2016).

Menurut Budi, untuk mengevakuasi tanah longsoran dari badan jalan pihaknya menerjunkan satu alat berat, dan satu mobil pemadam kebakaran. Peralatan itu nantinya digunakan untuk membersihkan sisa-sisa longsoran yang menutup jalan. "Proses evakuasi sudah kita lakukan sejak semalam dengan peralatan manual. Tadi siang baru bisa kita datangkan alat berat untuk membersihkan tanah yang menutupi jalan," tegasnya.

Diperkirakan, proses evakuasi itu sendiri akan selesai pada sore hari ini jika cuaca di kawasan tersebut tidak lagi diguyur hujan. "Insya Allah kemungkinan pukul 16.00 WIB evakuasi bisa selesai. Namun itu pun kalau tidak hujan, kalau hujan terpaksa kita tunda dulu," katanya.

Sejauh ini, BPBD Kabupaten Bogor dibantu warga sekitar masih berusaha membersihkan tanah yang menutupi badan jalan. Sementara arus kendaraan baik dari arah Sentul atau Puncak maupun sebaliknya, hanya bisa dilalui sepeda motor.  "Kita masih terus lakukan evakuasi, jalan baru bisa dilewati sepeda motor kalau mobil masih belum bisa," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,