Warga Klungkung Geger Lihat Paus Raksasa Terdampar

Warga Klungkung Geger Lihat Paus Raksasa Terdampar

Warga Klungkung geger lihat terdamparnya paus sepanjang 16,20 meter dengan tinggi 5 meter di pantai yang berhadapan langsung dengan Pulau Nusa Penida, Bali. (foto - ist)

Klungkung - Warga Klungkung geger lihat paus sepanjang 16,20 meter dengan tinggi mencapai 5 meter, terdampar di pantai yang berhadapan langsung dengan Pulau Nusa PenidaPaus itu pertamakali ditemukan warga yang hendak beraktivitas di kawasan Pantai Batu Tumpeng, Gelgel Klungkung, Bali.

"Ditemukan nelayan dinihari sekitar jam 04.00 Wita. Paus ini sudah terdampar dalam keadaan tewas," kata Kepala BPBD Klungkung, Putu Widiada, Senin (14/3/2016). Paus tersebut berjenis Physeter macrochepalus atau disebut juga paus kepala botak.

Ratusan warga pun sejak pagi terus berdatangan untuk melihat langsung dari dekat hewan laut dengan berat diperkirakan mencapai 15 ton itu. "Pihaknya masih menjaga di sekitar bangkai paus untuk mencegah aksi warga memotong atau mengambil dagingnya," katanya.

Pihak BPBD Klungkung terus berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk Dinas PU untuk proses evakuasi mamalia raksasa itu. "Kita berupaya agar paus ini dapat kita kubur utuh dan tidak dipotong-potong oleh masyarakat sekitar," tegas Putu.

Kejadian terdamparnya paus di pantai itu memang bukan yang pertama kali. Sebelumnya, sekitar dua tahun lalu pernah juga seekor paus terdampar di lokasi yang sama.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Klungkung AKP Johanes Nainggolan mengatakan, rencananya akan didatangkan alat berat untuk menarik ikan dan menguburnya. Beberapa pihak juga telah melakukan pengamatan dan penelitian.

KSDA Klungkung serta Perikanan dan Kelautan Klungkung melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai jenis ikan, ukuran dan berat serta penyebab kematiannya. Paus ini diperkirakan terpisah dari kelompoknya dan terbawa arus. "Kondisinya gigi sudah hilang dan ada luka di sebelah punggung," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:,