Benahi Transportasi Bandung Segera Punya Bus Listrik

Benahi Transportasi Bandung Segera Punya Bus Listrik

Kementerian Riset dan Teknologi pernah melakukan uji coba bus listrik di Kota Bandung. (foto - ist)

Bandung - Kota Bandung terus berbenah lewat berbagai upaya perbaikan fasilitas, dalam rangka menunjang daerah tujuan wisata favorit di Jawa Barat. Tidak hanya dalam sisi infrastruktur bangunan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung juga membenahi sektor transportasi.

Salah satu upaya pemkot dalam membenahi sektor transportasi, yakni dengan menghadirkan bus listrik. Sebenarnya hal tersebut merupakan rencana lama, namun baru bisa terealisasi pada tahun 2017 mendatang.

"Dalam waktu dekat kami akan mendatangkan bus listrik ke Kota Bandung. Saat ini prosesnya sudah masuk pada pengajuan yang dilakukan perusahaan bus," kata Walikota Ridwan Kamil di sela acara renovasi lapangan sepakbola hasil CSR Chevrolet Indonesia di Kota Bandung, Rabu (16/3/2016).

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 2013 Ridwan Kamil pernah mengatakan bahwa keberadaan kendaraan listrik sejalan dengan visi dan misi Pemkot Bandung, terutama dalam hal perbaikan lingkungan dan penghematan energi.

Menurutnya, Pemkot Bandung menjadi pemesan pertama kendaraan listrik. "Pemkot Bandung akan menjadi yang pertama mengadopsi dan memesan bus listrik tersebut ," kata Emil, pada 26 November 2013 lalu.

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi saat itu Gusti Muhammad Hatta menyatakan, produksi massal mobil listrik baru bisa direalisasikan pada 2017. Menristek telah menjajal mobil listrik dari berbagai jenis di Kota Bandung, yakni mobil sport, minibus, sedan, multi purpose vehicle (MPV), dan dua bus sedang.  (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,