Astrid Punya Hubungan Emosi dengan Kebun Raya Bogor

Astrid Punya Hubungan Emosi dengan Kebun Raya Bogor

Putri Astrid, salah seorang anggota keluarga Kerajaan Belgia menyempatkan diri berkunjung ke Kebun Raya Bogor. (foto - ist)

Bogor - Di tengah kesibukannya memimpin kunjungan delegasi pengusaha Belgia ke Indonesia, pimpinan rombongan yang juga salah seorang anggota keluarga Kerajaan Belgia, Putri Astrid menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Apa pasal? Ternyata, hutan kota yang berada tepat di jantung Kota Bogor itu menyimpan kenangan manis bagi keluarga Kerajaan Belgia, yang tentunya tidak dilupakan Putri Astrid.

Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Enny Sudarmonowati, yang menyambut hangat kunjungan Putri Astrid dan rombongan di Kebun Raya Bogor. Enny pun menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan itu.

"Hubungan emosional antara Kebun Raya Bogor dan Kerajaan Belgia telah tumbuh sejak puluhan tahun lalu, tepatnya sejak kunjungan Ratu Astrid dan Raja Leopold III berbulan madu di sini tahun 1929," kata Enny. Setahun setelah itu dibuatlah flower bed bunga tasbih dengan warna bunga, kelopak dan daun yang mewakili bendera Belgia (merah, kuning dan hitam).

Bunga itu pun lanjut Enny Sudarmonowati, ditanam dalam 29 petak yang melambangkan tahun 1929, dan memanjang sekitar 100 meter yang sejak saat itu disebut Jalan Astrid.

Kepala Kebun Raya Bogor Didik Widyatmoko mengatakan, kepada delegasi yang hadir menjadi saksi komitmen kuat Kebun Raya Bogor untuk tetap menjaga hubungan emosional yang kuat, dan sudah terbangun puluhan tahun dengan menjaga Jalan Astrid dan jajaran bunga tasbihnya seperti konsep semula.

"Bunga-bunga itu tetap dirawat, nama jalannya pun tetap diabadikan hingga kini dan nanti, sebagai bagian dari warisan dan sejarah Kebun Raya Bogor. Bahkan sejarah hubungan yang baik antara Indonesia dan Kerajaan Belgia," kata Didik.

Dalam kunjungan itu, selama kurang lebih satu jam Putri Astrid berada di Kebun Raya Bogor untuk berkeliling, menanam pohon bambu dan berfoto di depan Jalan Astrid. "We are so happy here. Indonesia have a very nice people," kata Putri Astrid. (Jr.)**

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,