Warga Brasil Dukung Pemakzulan Presiden Dilma Rousseff

Warga Brasil Dukung Pemakzulan Presiden Dilma Rousseff

Warga Brasil lakukan demonstrasi mendukung pemakzulan Presiden Dilma Rousseff. (foto - sputniknews.com)

Rio de Janeiro - Sebuah survei jajak pendapat yang dilakukan Datafolha menyebukan, meski ada sebagian warga yang menilai Rousseff seharusnya mengundurkan diri sebagai pimpinan negara, sebagian besar warga Brasil mendukung pemakzulan terhadap Presiden Dilma Rousseff itu.

Survei itu menunjukkan, 68 persen responden mendukung pemakzulan Rousseff oleh Kongres. Sementara 65 persen meminta presiden harus mengundurkan diri. Kasus yang menjerat Rousseff dinilai merupakan yang terburuk, dalam beberapa dekade dan kasus korupsi terbesar yang pernah ada.

Dilaporkan Reuters, popularitas perempuan itu juga turun dengan mendapat penilaian negatif responden sebanyak 69 persen.Jajak pendapat itu juga menunjukkan mayoritas warga menolak mantan Presiden Luiz Inácio Lula da Silva, yang disebut sebagai kepala staf Rousseff.

Pada Rabu 16 Maret 2016, peringkat penolakan ini naik menjadi 57 persen. Seorang hakim Mahkamah Agung menangguhkan pengangkatan Lula pada Jumat lalu. Menurut hakim, hal itu mungkin akan mengganggu penyelidikan jaksa, yang telah menuduhnya melakukan pencucian uang dan penipuan.

Survei itu juga mengungkapkan, pemilih tidak antusias tentang pemerintah yang dipimpin oleh sang Wakil Presiden Michel Temer, ketika Rousseff berhasil digulingkan. Sejumlah 35 persen responden mengatakan pemerintah Temer akan buruk.

Sementara dalam survei tersebut, Datafolha mengambil sampel responden sebanyak 2.794 orang. Jajak pendapat dilakukan pada 17 dan 18 Maret 2016 lalu. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,