13 Orang Tewas Helikopter Milik TNI AD Jatuh di Poso

13 Orang Tewas Helikopter Milik TNI AD Jatuh di Poso

12 orang tewas Helikopter milik TNI AD dikabarkan jatuh di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Helikopter milik TNI Angkatan Darat dikabarkan jatuh di Dusun Pattiro Bajo, Kelurahan Kasiguncu Poso Pesisir Selatan Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, Minggu (20/3/2016) sore sekitar pukul 17.50 waktu setempat (Wita).

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Poso menyebutkan, sedikitnya 13 penumpang termasuk Komandan Korem 132 Tadulako Kolonel Saiful Anwar, ikut dalam helikopter.

Sejauh ini belum diketahui apa penyebab jatuhnya helikopter milik TNI AD tersebut. Dipastikan seluruh penumpang helikopter meninggal dunia, termasuk Danrem dan Kepala Penerangan Korem 132 Tadolako, Mayor Faqih. "Helikopter tersebut jatuh di wilayah perkebunan warga di Desa Kasiguncu Poso, yang lokasinya tidak jauh dari Bandara Poso," kata seorang saksi mata di Poso, Minggu (20/3/2016).

Disebutkan, sebelum jatuh helikopter tersebut berangkat dari Desa Watutau, Kecamatan Lore Tengah dengan membawa sejumlah perwira, termasuk Danrem dan Kapenrem menuju Kota Poso. Di Watutau helikopter tersebut membantu aparat gabungan Operasi Tinombala, untuk melakukan pengejaran terhadap kelompok teroris Santoso.

Sementara itu, Kapendam Wirabuana Kolonel I Made Sutia membenarkan adanya peristiwa tersebut. "Iya betul, kecelakaan karena helikopter terkena petir," katanya. Peristiwa itu terjadi di Kebun milik di Dusun Pattiro Bajo, Kelurahan Kasiguncu Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso. 

Rombongan berangkat sekitar 17.30 Wita dari Desa Watutau, Kecamatan Lore Utara, menuju Poso. "Namun pada saat di atas perkebunan Kelurahan Kasiguncu terjadi kecelakaan," kata Made.

Petugas TNI Angkatan Darat (AD) masih terus melakukan evakuasi di lokasi jatuhnya helikopter yang jatuh di kebun milik Arsad di Dusun Pattiro Bajo, Kelurahan Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso itu

"Petugas masih melakukan evakuasi terhadap korban," kata Kepala Penerangan (Kapen) Kodam VII Wirabuana, Kolonel Czi I Made Sutia. Dalam peristiwa itu ada 13 penumpang yang tewas. "Para korban berangkat ke Poso dalam rangka tugas," tambahnya. (Jr.)**

Penumpang helikopter yang jatuh di Poso:

1.Kol. Inf. Saiful Anwar (Danrem 132/Tdl)
2.Kol. Heri (BAIS)
3.Kol. Inf. Ontang R. P. (Satgas Intel Imbangan)
4.Letkol Cpm Tedy (Dandenpom)
5.Mayor Inf. Faqih (Kapten Rem)
6.Dr. Kapt Yanto
7.Prada Kiki (Ajudan Danrem)
8.Kapt. Cpn Agung
9.Lettu Cpn Wiradi
10.Letda Cpn Tito
11.Serda Karmin
12.Sertu Bagus
13.Pratu Bangkit

.

Categories:Daerah,
Tags:,