Ratusan Kapal Ikan Cina Langgar Perairan Malaysia

Ratusan Kapal Ikan Cina Langgar Perairan Malaysia

Ratusan kapal ikan Cina melanggar perairan Malaysia di Luconia Shoals atau Beting Patinggi Ali. (foto - dw)

Kuala Lumpur - Giliran Malaysia turut dibuat "geram" atas perlakuan kapal ikan Cina di Laut Cina Selatan (LCS). Dilaporkan, sekitar 100 kapal ikan Cina melanggar perairan Malaysia di kawasan LCS, tepatnya di Luconia Shoals atau Beting Patinggi Ali.

Bahkan, 100 kapal nelayan Cina itu juga disebutkan turut "dikawal" dua kapal penjaga pantai Cina. Terkait laporan itu, Menteri Keamanan Nasional merangkap Menteri di Departemen Perdana Menteri Malaysia, Shahidan Kassim merespons dengan mengirim aparat Badan Maritim Nasional Malaysia (MMEA) ke Gugus Beting Patinggi Ali untuk mengawasi perairan mereka.

"Sebanyak tiga kapal MMEA sudah dikirim ke area itu. Beberapa aset Angkatan Laut Malaysia juga ada di sana. Sementara pesawat (maritim) Bombardier turut mengawasi lewat udara, dan ternyata menemukan sekumpulan nelayan Cina. Kapal-kapal kami dijadwalkan akan sampai ke lokasi dari hasil pengamatan pesawat Bombardier tersebut pada malam hari,” tutur Shahidan.

Seperti dilaporkan The Diplomat, Jumat (25/3/2016) Malaysia menjadi negara kedua yang perairannya dilanggar kapal pencuri ikan Cina, setelah Indonesia. Sebelumnya, sebuah kapal ikan Cina, FM Kway Fey 10078 yang tertangkap tangan melakukan illegal fishing.

Kapal dengan sembilan anak buah kapal (ABK) Cina itu, ditangkap aparat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, setelah KKP lebih dulu terlibat insiden dengan kapal penjaga pantai Cina. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,