Kembali, Ridwan Kamil Raih 'Sindo Government Award'

Kembali, Ridwan Kamil Raih 'Sindo Government Award'

Walikota Bandung Ridwan Kamil

Jakarta - Walikota Bandung Ridwan Kamil kembali mendapat penghargaan sebagai kepala daerah terbaik dari "Sindo Government Award". Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman pun memuji kepemimpinan Kang Emil yang berhasil menyulap kota yang dipimpinnya.

"Saya berharap pada tahun mendatang ingin lihat Pak Emil jangan hanya disandingkan dengan kota di Indonesia, tapi di luar negeri, seperti Thailand, Filipina ataupun Malaysia," kata Irman dalam sambutannya di acara penyerahan Sindo Government Award, Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Selasa (12/4/2016) malam.

Apabila disandingkan dengan kota di negara lain dan Bandung kembali bisa bersaing di bawah kepemimpinan Kang Emil, di situlah otonomi bisa disebut berhasil. "Kalau bisa bersaing, barulah otonomi itu berhasil. Sebab kita melihat tanpa didasari beberapa tahun ini, lalu lintas padat namun sekarang sudah bisa diantisipasi," katanya.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih terhadap para pembaca yang memberikan apresiasinya lewat program yang sudah dibuat. Penghargaan itu bukanlah suatu tujuan, tetapi yang terpenting adalah kerja nyata yang dapat memberikan solusi.

"Terpenting saya belajar dari yang hebat-hebat, saya belajar ke Makassar, misalnya. Jadi Republik ini punya dua cara, yaitu pemerintah pusatnya hebat, walikota, bupatinya kompak, saya kira kalau itu dilakukan, Indonesia ‎bisa hebat," katanya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat.

Menurut Emil, dirinya juga memutuskan belum akan ikut dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, meski mendapatkan penghargaan sebagai salah satu walikota yang menginspirasi. Dirinya menyatakan masih akan membangun Kota Bandung.

"Sementara ini saya putuskan belum ke Jakarta, kecuali MNC adakan survei di sana, tapi survei saya, warga Bandung enggak ridho, termasuk ibu saya, dan semua akan indah pada waktunya," tegasnya.

Lima kepala daerah terbaik peraih "Sindo Government Award" 2016, yakni

- Beni Hernedi berhasil memimpin daerahnya dengan baik hingga tak ada program terbengkalai. Bahkan beliau mau terjun ke daerah untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

- Hasto Wardoyo, Bupati Kulon Progo yang berhasil mengembangkan industri batik dengan besar. Selain itu mengganti beras miskin dengan beras kulonprogo agar lebih layak dikonsumsi.

- Firdaus, Walikota Pekanbaru yang sudah menciptakan kota pintar berupa ekonomi dan teknologi pintar, sehingga bisa bersaing dengan global.

- Beni AMD, Bupati Banyuasin.

- Ridwan Kamil, Walikota Bandung yang berhasil menghidupkan fungsi taman di mana saat mengunjungi Bandung, bisa melihat banyak taman yang tertata rapi. Selain itu, ia juga mereformasi birokrasi perkembangan layanan teknologi yang berbasis digital. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,