Resep Simeone Coba Sngkirkan Barca di Liga Champions

Resep Simeone Coba Sngkirkan Barca di Liga Champions

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone

Madird - Atletico Madrid menjalani laga hidup-mati di leg kedua perempatfinal Liga Champions menghadapi Barcelona, Kamis dinihari WIB. Los Colchoneros (julukan Atletico) harus menang dengan skor minimal 1-0 untuk melaju ke fase berikutnya.

Menang dengan skor itu sebenarnya mudah dicapai oleh Atletico. Namun nanti dulu lawan kali ini ialah Barcelona yang menjadi momok bagi Atletico dalam tujuh partai terakhir ini.

Dengan ambisi mengulangi pencapaian musim 2013-2014 (saat itu Atletico menyingkirkan Barca), setidaknya ada beberapa cara Atletico untuk menendang Blaugrana (julukan Barcelona) dari perempatfinal Liga Champions musim ini.

Antara lain, ambisi kuat dari Simeone untuk mengalahkan Enrique. Sudah tujuh kali Simeone bertemu Enrique dengan jabatan sebagai pelatih Barca. Hasilnya? Cholo (julukan Simeone) selalu kalah dari Enrique. 

Oleh karena itu, kali ini Simeone harus benar-benar menginginkan untuk mencari kemenangan perdananya kontra Enrique. Namun begitu, Simeone pernah mengalahkan Enrique, yang terjadi ketika Enrique masih melatih Celta Vigo pada musim 2013-2014.

Dengan menerapkan pola 4-3-3 milsanya, Atletico terbukti sukses mematikan lini serang Barca di laga terakhir. Bahkan, ketika Atletico masih bermain dengan 11 orang atau tepatnya sebelum Fernando Torres dikartu merah wasit, klub asal Kota Madrid itu beberapa kali membahayakan gawang Barca kawalan Marc Andre ter Stegen.

Selain itu, Atletico harus mampu memanfaatkan kecepatan Griezmann, karena sulit bagi pasukan Atletico untuk mengajak Barca mengadu penguasaan bola. Cara terbaik menembus pertahanan Barca, yakni dengan mengandalkan pola serangan balik yang cepat. 

Untuk mengandalkan pola tersebut, maka dibutuhkan penyuplai bola yang benar-benar matang, serta kecepatan dari penyerang. Kecepatan tersebut dimiliki Antoine Griezmann. Bahkan Griezmann berpengalaman dalam membobol gawang Barca sebanyak tiga kali.

Sementara di barisan pertahanan, kekuatan Godin dan Jan Oblak harus benar-benar maksimal. Godin memang baru sembuh dari cedera. Pengalaman serta ketangguhan Godin dibutuhkan untuk melapis gawang Atletico yang dikawal Jan Oblak. Kiper berpaspor Slovenia itu juga tampil apik bareng Atletico musim ini. Dari 32 penampilan, gawang Oblak baru kemasukan 16 gol. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,