Pesawat Kalstar Terbakar Mendarat Darurat di Banjarmasin

Pesawat Kalstar Terbakar Mendarat Darurat di Banjarmasin

4 Penumpang Terluka Pesawat Kalstar Terbakar di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. (foto - ist)

Jakarta - Pesawat Kalstar dengan nomor penerbangan KSA 931 terpaksa mendarat kembali secara darurat di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, setelah beberapa menit lepas landas, Jumat siang pukul pukul 11.58 Wita.

Pilot memutuskan untuk kembali ke bandara karena pesawat mengalami masalah mesin. "Engine-nya mengeluarkan asap," kata Humas Kementerian Perhubungan, JA Barata, Jumat (15/4/2016). Pesawat Kalstar KSA 931 tersebut rencananya akan menempuh rute Sampit-Bajarmasin-Kotabaru. 

Menurut Barata, penyebab pesawat terbakar karena engine kiri 1 mengeluarkan asap kemudian terbakar yang menyebabkan mesin mati. Peristiwa berawal saat pesawat landing di Bandara Syamsudin Noor dari Sampit, lalu take off ke Kotabaru. Namun pada pukul 11.58 Wita Pilot Richard JG mengontak tower, pesawat mengalami mesin mati dan memutuskan untuk return to base ke Bandara Syamsudin Noor.

Petugas ground hadling Kalstar di bandara dan Lanud Syamsudin segera ke runaway 10 untuk memadamkan api pada bagian pesawat yang terbakar, sekaligus mengevakuasi penumpang dan awak pesawat. Pada pukul 12.10 Wita pesawat berhasil ditarik dengan towing bar ke apron nomor 8 bravo Bandara Syamsudin Noor. (

Menurut Barata, pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden terbakarnya pesawat Kalstar jenis ATR 72-500 itu. "Pesawat mendarat single engine dan landing normal. Tidak ada korban," katanya. Pesawat Kalstar yang terbakar mengangkut 34 penumpang dan enam orang kru, yang dipiloti oleh Kapten Richard JG. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,